Kualifikasi Piala Eropa 2016

Susah Payah, Portugal Taklukkan Albania

Achmad Firdaus    •    Selasa, 08 Sep 2015 03:48 WIB
kualifikasi piala eropa 2016
Susah Payah, Portugal Taklukkan Albania
Cristiano Ronaldo saat berupaya melewati adangan peman Albania pada lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016 (Foto: AP Photo/Hektor Pustina)

Metrotvnews.com, Elbasan: Timnas Portugal harus bersusah payah untuk memetik kemenangan tipis 0-1 atas tuan rumah Albania pada lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016 di Grup. Gol semata wayang Portugal diciptakan oleh Miguel Veloso pada masa injury time.

Menyambangi markas Albania di Stadiumi Ruzhdi Bizhuta, Selasa 8 September 2015 dini hari WIB, pelatih Portugal Fernando Santos langsung menurunkan skuat terbaik. Cristiano Ronaldo diplot sebagai striker utama dengan sokongan Danny dan Bernardo Silva di kedua sisi.

Dominasi langsung ditunjukkan pemuncak klasemen sementara Grup I, Portugal yang butuh kemenangan untuk menjauhi kejaran Denmark dan Albania yang menguntit di posisi dua dan tiga dengan hanya selisih satu angka. 

Dalam 15 menit pertama, Portugal sudah memiliki dua peluang emas. Pertama lewat sepakan keras Ronaldo yang masih bisa ditepis kiper Albania, Ertit Berisha pada menit ke-12.

Semenit berselang, giliran Nani yang mendapat peluang emas membuka keunggulan. Mendapat bola liar hasil umpan tendangan bebas, tembakan Nani yang tidak terkawal hanya mengenai mistar.

Portugal mendominasi penuh babak pertama ini, di mana mereka terus menerus menekan pertahanan Albania. Bernardo Silva dan Danny juga punya peluang untuk mencetak gol bagi Portugal, namun sejauh ini Berisha tampil cukup gemilang dalam menjaga gawangnya tidak kebobolan. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Portugal masih memegang kendali permainan. Danny memberikan ancaman pertama pada menit ke-56 lewat tandukan yang masih melebar dari gawang Albania.

Setelah peluang tersebut, tensi pertandingan mulai menurun. Kedua tim lebih banyak terlibat pertarungan di lini tengah. Baru di 10 menit terakhir kedua tim kembali meningkatkan intensitas permainan. Portugal kembali banyak menekan pertahanan Albania.

Kerja keras dan kesabaran para pemain Portugal akhirnya membuahkan hasil setelah beknya, Miguel Veloso mencetak gol kemenangan pada masa injury time. Gol Veloso lahir lewat tandukan usai menerima umpan tendangan bebas Ricardo Quaresma. Skor 0-1 untuk Portugal bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan ini, Portugal kian nyaman duduk di posisi puncak klasemen sementara Grup I dengan koleksi 15 poin dari enam laga. Mereka unggul empat angka dari Denmark dan Albania yang sama-sama mengoleksi 11 angka. Dengan dua laga tersisa, Ronaldo cs kini hanya butuh satu kemenangan untuk memastikan diri lolos ke Piala Eropa 2016 di Prancis. 

Susunan Pemain:
Albania:
Berisha, Djimsiti, Agolli, Arlind Ajeti, Lenjani, Cana, Kukeli, Xhaka, Abrashi, Gashi, Çikalleshi.

Portugal: Rui Patrício, Pepe, R. Carvalho, Eliseu, Miguel Veloso, Danny/EdER (76'), Danilo, Bernardo Silva/Quaresma (65'), Ronaldo, Vieirinha/Cedric (54'), Nani.



(ACF)