Kualifikasi Piala Eropa 2016

Drama Lima Gol, Jerman Bungkam Skotlandia

Krisna Octavianus    •    Selasa, 08 Sep 2015 03:53 WIB
kualifikasi piala eropa 2016
Drama Lima Gol, Jerman Bungkam Skotlandia
Pemain Jerman merayakan gol yang dicetak oleh Thomas Mueller (Foto: AFP PHOTO / IAN MACNICOL)

Metrotvnews.com, Glasgow: Drama lima gol tersaji saat Skotlandia dan Jerman bertemu dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016, Selasa 8 September dini hari WIB. Setelah terlibat kejar mengejar gol, Die Mannschaft akhirnya memastikan kemenangan tipis 3-2 untuk mengamankan posisi puncak Grup D.

Skotlandia yang butuh kemenangan untuk menghidupkan asa lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 justru dikejutkan dengan gol Thomas Mueller. Gelandang Bayern Muenchen itu mencetak gol lewat aksi solo run pada menit ke-18. Skor berubah menjadi 1-0.

Akan tetapi, anak asuh Gordon Strachan hanya butuh 10 menit untuk membalas gol Mueller tersebut. Mats Hummels mencetak gol bunuh diri setelah tak bisa menghindari bola hasil tepisan Manuel Neuer. Bola meluncur ke gawang sendiri dan skor berubah menjadi 1-1.

Skor 1-1 ternyata hanya bertahan enam menit. Mueller benar-benar menjadi momok bagi pertahanan Skotlandia. Ia berhasil mencetak gol keduanya pada pada babak pertama pada menit ke-34 memanfaatkan bola muntah tepisan kiper Skotlandia David Marshall. Skor kembali berubah dan kini 2-1 untuk Jerman.

Skotlandia tidak mau menyerah begitu saja. James McArthur membuat laga kembali "hidup" saat mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-43.

Tendangan first time McArthur dari dalam kotak penalti tak mampu dihalau Neuer. Gol itu menjadi gol terakhir pada babak pertama ini. Skor sementara sama kuat 2-2.

Pada babak kedua, Jerman langsung tampil menyerang. Hasilnya, laga baru berjalan sembilan menit atau tepatnya pada menit ke-54, Ilkay Guendogan berhasil mencetak gol untuk membawa Die Mannschaft unggul 3-2. Gelandang Borussia Dortmund itu mencetak gol memanfaatkan umpan Mueller.

Gol Guendogan ternyata menjadi gol terakhir dalam laga ini. Hasil ini membuat Jerman nyaman di puncak klasemen dengan 19 poin. Sementara itu, harapan Skotlandia untuk lolos ke Piala Eropa 2016 menipis setelah tertahan di posisi keempat dengan 11 poin.

Di pertandingan lainnya masih dari Grup D, Republik Irlandia untuk sementara masih memiliki harapan untuk lolos ke Piala Eropa 2016. Mereka berhasil mengalahkan Georgia dengan skor 1-0. Striker Stoke City Jonathan Walters menjadi pencetak gol tunggal dalam laga kali ini. Irlandia sementara berada di peringkat ketiga dengan 15 poin.

Sementara itu, Polandia dengan mudah mengalahkan tim lemah Gibraltar dengan skor 8-1. Berondongan gol dari Kamil Grosicki (2 gol), Robert Lewandowski (2 gol), Arkadiusz Milik (2 gol), Jakub Blaszczykowski, dan Bartosz Kapustka hanya berbalas satu dari Jake Gosling. Polandia untuk sementara aman di posisi kedua dengan 17 poin.

Susunan pemain Skotlandia vs Jerman:

Skotlandia: Marshall; Hutton, Martin. Hanley, Mulgrew; McArthur, Brown, Morrison; Forrest, Maloney, Fletcher

Jerman: Neuer; Can, Boateng, Hummels, Hector; Schweinsteiger, Guendogan, Kroos; Mueller, Oezil, Goetze 


(ACF)

Hatta Ali Merasa Difitnah

Hatta Ali Merasa Difitnah

1 hour Ago

Menurut Hatta, dirinya datang ke Surabaya karena diminta menjadi dosen penguji dalam ujian terb…

BERITA LAINNYA