Laga Uji Coba

Anthony Martial Tampil, Prancis Taklukkan Serbia

Achmad Firdaus    •    Selasa, 08 Sep 2015 04:29 WIB
piala eropa 2016
Anthony Martial Tampil, Prancis Taklukkan Serbia
Anthony Martial saat berduel udara dengan pemain Serbia (Foto: AFP/Frank Fife)

Metrotvnews.com, Bordeaux: Timnas Prancis sukses meraih kemenangan tipis 2-1 atas tamunya Serbia pada laga uji coba, Selasa 8 September 2015 dini hari WIB. Gelandang PSG Blaise Matuidi jadi bintang kemenangan Les Bleus dengan borongan dua golnya.

Prancis yang dipastikan lolos ke Piala Eropa 2016 dengan status tuan rumah, terus menggeber persiapan mereka untuk tampil di ajang empat tahunan tersebut. Kali ini, skuat Didier Deschamps memilih Serbia sebagai lawan tanding.

Bertempat di Stade Bordeaux-Atlantique, Deschamps terus mematangkan skema 4-3-3 yang bakal jadi andalannya di Piala Eropa nanti. Bomber Arsenal Olivier Giroud dipercaya sebagai juru gedor, dengan sokongan Mathieu Valbuena dan Antoine Griezmann di kedua sisi.

Tampil dominan, Prancis sudah membuka kran gol saat laga baru menginjak menit kesembilan. Griezmann berhasil mengirim umpan matang ke kotak penalti yang disambar tandukan Blaise Matuidi untuk membobol gawang Rajkovic.

Prancis nyaris menggandakan keunggulannya andai aksi Giroud di muka gawang tidak digagalkan Rajkovic dengan refleks yang luar biasa. Beberapa menit kemudian, Giroud lagi-lagi membuang kesempatan emas. Kali ini, sepakannya hanya tipis di sisi gawang.

Terus menekan, Tim Ayam Jantan akhirnya menggandakan keunggulannya pada menit ke-25. Matuidi kembali mencatatkan namanya di papan skor. Gol kedua gelandang PSG ini tercipta dengan cukup apik lantaran Matuidi melepas sepakan voli dari luar kotak penalti yang tak kuasa dibendung Rajkovic.

Tertinggal dua gol, Serbia memberikan respons jelang babak pertama berakhir, tepatnya pada menit ke-40. Aleksandar Mitrovic menipiskan ketertinggalan timnya usai membelokkan bola hasil sepakan voli Lazar Markovic. Skor 2-1 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga turun minum.

Deschamps melakukan dua perubahan sekaligus usai turun minum. Matuidi ditarik keluar dan digantikan gelandang Inter Milan, Geoffrey Kondogbia. Adapun Mathieu Debuchy masuk menggantikan Bacary Sagna untuk mengawal sektor kiri pertahanan.

Pergantian ini tidak banyak berpengaruh pada kekuatan Prancis yang tetap mampu tampil dominan. Pada menit ke-52, Griezmann mendapat dua peluang dalam satu momen. Aksinya menusuk dari sisi kanan dan kemudian melepas tembakan masih bisa ditepis Rajkovic. Bola muntah kembali kepada winger Atletico Madrid tersebut. Sayangnya, karena sudutnya sangat sempit, Griezmann gagal memasukkan bola ke gawang.

Pergantian kembali dilakukan Deschamps pada menit ke-76. Dia memasukkan striker anyar Manchester United, Anthony Martial untuk menggantikan Valbuena. Martial diplot di sisi kiri penyerangan untuk menyokong kinerja Karim Benzema yang sebelumnya dimasukkan untuk menggantikan Giroud.


(Anthony Martial saat berduel dengan bek Serbia Branislav Ivanovic /Foto: AFP/Frank Fife)

Martial yang direkrut United dengan mahar 36 juta poundsterling (Rp787 miliar) langsung menunjukkan kualitasnya. Dengan mengandalkan kecepatannya, striker berusia 19 tahun ini langsung memaksa Rajkovic melakukan penyelamatan.

Selama 15 menit tampil di lapangan, Martial sukses beberapa kali merepotkan barisan pertahanan Serbia dengan kecepatan dan aksi individunya. Sayangnya, hingga akhir laga Prancis tak mampu menambah gol. Skor tetap 2-1 untuk kemenangan Les Bleus.

Susunan Pemain:
Prancis (4-3-3):
Lloris, Sagna/Debuchy (46'), Varane, Mangala, Tremoulinas, Matuidi/Kondogbia (46'), Schneiderlin, Pogba, Valbuena/Martial (76'), Griezmann/Moussa Sissoko (90'), Giroud/Benzema (62'). 

Serbia (4-3-3): Rajkovic; Tomovic, Ivanovic, Spajic, Obradovic; Fejsa, Gudelj, Matic; Markovic, Mitrovic, Tadic.


(ACF)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA