Kelas Rusak, Siswa di Polewali Mandar Terpaksa Belajar di Bawah Pohon

Farhanuddin    •    Selasa, 08 Sep 2015 10:19 WIB
sekolah rusak
Kelas Rusak, Siswa di Polewali Mandar Terpaksa Belajar di Bawah Pohon
Ilustrasi--Antara/Adeng Bustomi

Metrotvnews.com, Polewali Mandar: Kondisi fasilitas pendidikan di Polewali Mandar, Sulawesi Barat masih memprihatinkan. Bahkan siswa Madrarasah Tsanawiyah Fathul Amin di Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat terpaksa belajar di bawah pohon.

Pantauan di lapangan, kondisi ruang kelas belajar-mengajar rusak berat, sehingga tidak layak lagi di tempat belajar.
Pilihan belajar di bawah pohon, lantaran ruangan kelas di madrasah ini tidak lagi mencukupi seiring terus bertambahnya siswa, Selasa (8/9/2015).

Kondisi atap ruang kelas bocor, dinding juga rusak, dan diperparah tiang bangunan kelas yang lapuk sewaktu-waktu dapat roboh. Madrasah ini berdiri sejak 2011, jumlah siswa di sekolah ini mencapai 137 orang, dengan jumlah kelas yang tersedia delapan ruangan, sehingga satu kelas belum mendapatkan ruangan untuk belajar secara normal sehari-hari.

Guru PNS di sekolah ini juga terbilang minim, hanya enam orang. Sedangkan tenaga honorer mencapai 13 orang. Kendati bersekolah dalam kondisi memprihatinkan, prestasi madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama ini cukup membanggakan.

Misalnya pada olimpiade sains yang dilegar Kementerian Agama pada 2014 silam, madrasah ini menjadi juara dua se-kabupaten Polewali Mandar. Pihak sekolah berharap permohonan bantuan pembangunan sekolah ke pemerintah, dan Kementerian Agama dapat terealisir sehingga bangunan kelas yang rusak parah dapat segera diperbaiki.


(YDH)