OJK Bidik Simpanan Pelajar Aktif di 16 kota hingga Akhir Tahun

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 08 Sep 2015 11:10 WIB
ojk
OJK Bidik Simpanan Pelajar Aktif di 16 kota hingga Akhir Tahun
Ilustrasi OJK. (ANTARA FOTO/Fanny Octavianus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan tabungan Simpanan Pelajar (SimPel/ SimPel iB) diperluas hingga ke beberapa kota di Indonesia. Hingga akhir 2015, rencananya sebanyak 16 kota di Indonesia akan diaktivasi SimPel/SimPel iB.

"Kegiatan aktivasi ini akan dilakukan secara berkelanjutan dengan target 16 kota di Indonesia sampai akhir 2015," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di SMA 68, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (8/9/2015).

Dirinya menambahkan, sebanyak 16 kota tersebut di antaranya adalah Jakarta, Serang, Medan, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Palembang, Balikpapan serta tujuh kota di Provinsi Jawa Timur.

Adapun tujuan program ini adalah berupaya membangkitkan kembali budaya menabung di kalangan pelajar. Agar para pelajar sebagai generasi penerus bangsa dapat menjadikan kegiatan menabunng bukan hanya sebagai kewajiban melainkan kebutuhan atau bahkan gaya hidup.

Selain itu, sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2019, program SimPel/SimPel iB juga diharapkan mampu menjadi jembatan bagi bantuan yang disalurkan oleh pemerintah kepada para pelajar.

"Program ini diharapkan dapat menjadi sarana penyaluran dana Program Indonesia Pintar (PIP) mengingat SimPel/SimPel iB ini memiliki karakteristik yang spesifik seperti nama siswa yang tercatat sebagai pemilik rekening dan tercantum pada buku tabungan," pungkas dia.


(AHL)