Ini Lho Manfaat Sering Senyum

   •    Selasa, 08 Sep 2015 11:22 WIB
kepribadian
Ini <i>Lho</i> Manfaat Sering Senyum
Sering senyum bisa dinilai lebih kompeten. (foto:motherearthnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tersenyumlah di pagi hari untuk mengawali hari yang indah. Tak hanya itu, banyak bukti ilmiah yang menyebutkan tersenyum dan tertawa memiliki efek positif bagi kebahagian Anda. 

Bahkan, ada studi yang menunjukkan tersenyum baik untuk kesehatan otak secara keseluruhan. Intinya, masih banyak sederet manfaat yang bisa Anda petik hanya dari senyuman seperti berikut ini.

1. Lebih bahagia
Menurut penelitian, ekspresi wajah dapat mempengaruhi perasaan. Misalnya, cemberut menginduksi perasaan negatif yang lebih besar. Sedangkan tersenyum akan memperkuat perasaan bahagia. Ada sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di University of Cardiff yang menunjukkan bahwa orang-orang yang jarang mengerutkan kening rata-rata akan lebih bahagia.

2. Dianggap lebih menyenangkan
Studi juga menunjukkan bahwa orang-orang tersenyum dianggap sebagai ramah dan lebih menyenangkan. Sebagai contoh, sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa realitas senyum meningkatkan presepsi seseorang bahwa itu adalah simbol keramahan.

3. Bahkan senyum paksa tetap membuat bahagia
Studi lain menjelaskan meskipun senyum Anda dipaksakan, itu akan tetap membuat Anda merasa lebih bahagia dari sebelumnya. Sebab, senyum meningkatkan emosi positif dan menghilangkan emosi negatif dari wajah yang artinya suasana hati seseorang akan cenderung selaras dengan emosi wajah mereka.

4. Stres berkurang
Tidak hanya mengurangi kecemasan, tersenyum bisa menghancurkan stres Anda. Saat tersenyum, Anda melepaskan endorfin yang memicu gerakan otot di wajah. Neurotransmitters ini bertanggung jawab dalam membuat Anda merasa lebih bahagia. Sehingga menurunkan tingkat kortisol, dan hormon-hormon aktif ketika Anda merasa stres atau cemas.

5. Anda dianggap lebih kompeten
Ada banyak penelitian yang menemukan orang gemar tersenyum dianggap lebih kompeten dalam berbagai hal. Itu karena saat seseorangan dianggap ramah, perasaan positif akan tercipta yang mengarahkan rasa kepuasan bagi orang yang Anda senyumi.

6. Konsentrasi meningkat
Studi tahun 2010 mengemukakan bahwa, orang yang suka tebar senyuman ternyata tingkat attention (perhatian) lebih tinggi. Itu sama saja artinya, konsentrasi Anda akan jauh lebih baik lagi.

Orang yang tersenyum juga dianggap lebih dapat dipercaya karena tersenyum sering dianggap sebagai tanda kerjasama. Jadi, untuk membuat kesan yang baik untuk orang lain mulailah rajin-rajin tebar senyuman dari sekarang. (Sumarni/ Allwomenstalk)


(LOV)