Satpol PP DKI Kewalahan Jaga Monas

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 08 Sep 2015 11:38 WIB
satpol pp
Satpol PP DKI Kewalahan Jaga Monas
Satpol PP DKI Jakarta (Foto: Antara/Zabur Karuru)

Metrotvnews.com, Jakarta: Satuan Polisi Pamong Praja kewalahan menjaga kawasan Monas selama 24 jam dari serbuan pedagang kaki lima (PKL). Minimnya personel, serta banyaknya akses pintu yang harus dijaga membuat kawasan Monas sulit bebas dari PKL liar.
 
Kepala Satpol PP Jakarta Pusat Yadi Rusmayadi mengatakan, Monas kerap dipenuhi PKL pada malam hari. Mereka memenuhi taman dan trotoar. Padahal, pagi hingga sore kawasan Monas steril dari PKL.
 
Ia mengungkapkan, jumlah personel Satpol PP Jakarta Pusat sangat minim. Dari 817 personel, hanya 450 yang bertugas di lapangan, tersebar di kelurahan, kecamatan hingga kota. Sisanya, bertugas sebagai staf.
 
"Idealnya harus ditambah 1.000 personel lagi. Apalagi banyak obyek vital yang harus dijaga Satpol PP," kata Yadi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/9/2015).
 
Ia mengungkapkan, pihaknya mengerahkan 50 personel untuk jaga kawasan Tanah Abang, 30 personel di Senen, dan Kemayoran sebanyak 20 personel. Sedangkan untuk kawasan Monas saat ini dijaga 20 personel yang disebar ke sejumlah titik.
 
"Kami hanya bisa menahan waktu berjualan PKL. Di satu titik kita jaga, di titik lainnya PKL masuk, begitu seterusnya. Mereka memanfaatkan kelengahan dan keterbatasan personel yang ada," ujarnya.


(FZN)