2016, Jokowi Beri Hadiah Insentif Bagi Daerah Berkeuangan Baik

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 08 Sep 2015 12:24 WIB
rapbn 2016
2016, Jokowi Beri Hadiah Insentif Bagi Daerah Berkeuangan Baik
Presiden Joko Widodo/Jokowi. FOTO: MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Presiden Joko Widodo bakal memberi reward atau hadiah untuk daerah-daerah yang berkinerja baik tahun depan yakni melalui dana insentif daerah (DID).

Hal tersebut diungkapkan Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Selasa (8/9/2015). Dalam Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RUU APBN) 2016, Pemerintah telah mengalokasikan DID sebesar Rp5 triliun untuk diguyurkan pada daerah-daerah di Indonesia.

Menurut Bambang, 2016 merupakan tahun pertama adanya DID di mana biasanya Pemerintah Pusat hanya memberikan transfer melalui Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Ini tahun pertama, kita perbaiki dana insentif daerah. Kita tidak lagi mempergunakan dana pendamping,"  di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan.

Di tahun tahun sebelumnya, daerah yang memiliki pendapatan asli daerah (PAD) besar akan mendapat dana transfer yang lebih kecil. Namun, tahun depan akan berlaku sebaliknya.

"Di masa lalu, daerah yang PAD-nya besar merasa dirugikan karena transfer dari Pusat lebih kecil. Namun sekarangdaerah yang PAD-nya besar, laporan keuangannya bagus akan dapat reward lewat DID," jelas Bambang.


(AHL)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

2 hours Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA