Oktober, Kopaja Pakai e-Money

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 08 Sep 2015 13:28 WIB
transjakarta
Oktober, Kopaja Pakai e-Money
Kopaja gabung di bawah manajemen TransJakarta. (Foto: Wanda)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kopaja akan menerapkan sistem pembayaran non-tunai. Penumpang wajib memiliki uang elektronik (e-Money). Uji coba akan dilakukan pada Kopaja S66 jurusan Blok M-Manggarai.
 
“Sistem setoran di Kopaja akan dihapus. Mereka mau ikut pemerintah menggunakan rupiah per kilometer. Nanti sopirnya juga digaji bulanan. Sistem e-Money akan kita uji coba Oktober di Kopaja S66,” kata Direktur Utama PT TransJakarta Antonius Kosasih di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/9/2015).
 
Kopaja S66 dipilih karena trayek itu sudah sesuai dengan kajian konsultan transportasi Indonesia Infrastructure Initiative (INDII). "Kalau semua sudah menerapkan sistem rupiah per kilometer, pengusaha mendapat kepastian. Asal ikut aturan. Semua pasti untung, termasuk sopir dan penumpang. Di luar negeri seperti itu. Sopirnya digaji," ujar Kosasih.
 
Menurut Kosasih, sampai sejauh ini INDII masih mematangkan jenis bus maupun tempat pemasangan mesin tiket elektronik untuk e-Money. "Jenis bus ada beberapa opsi. Satu bus sedang deck tinggi atau bus sedang deck rendah. Kalau metode pembayaran nanti tetap ada tapping. Ada beberapa metode yang sedang dikaji. Satu tapping di halte atau di dalam bus," Kosasih menjelaskan.


(FZN)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

6 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA