Serikat Pekerja Pertamina Dukung Kedaulatan Migas Nasional

Arif Wicaksono    •    Selasa, 08 Sep 2015 13:28 WIB
pertamina
Serikat Pekerja Pertamina Dukung Kedaulatan Migas Nasional
Ilustrasi. Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews,com, Jakarta: Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB)  mendukung kedaulatan migas nasional untuk memperkuat kekayaan negara. Dia mengatakan bahwa hal ini perlu didukung dengan usaha pemerintah untuk mempeercayai pertamina dalam setiap kontrak wilayah kerja yang akan berakhir masa kontrak. 

Presiden FSPBB Eko Wahyu Lasmono, menyarankan kepada pemerintah untuk tidak memperpanjang kontrak kerja sama dengan pihak asing di seluruh Wilayah Kerja di seluruh wilayah Nusantara yang akan berakhir rnasa kontrak pada saat nya nanti.  

“Kami meminta pemerintah segera menyelesaikan penandatanganan alih kelola dari Total E&P Indonesie kepada Pertarnina sebelurn akhir tahun 2015 untuk memanfaatkan waktu yang tersisa sampai dengan 31 Desember 2017 agar menjadi masa transisi yang efektif,” kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (8/9/2015).

Kemudian dia juga memerintahkan Pertamina untuk bersiap diri dalam mengelola seluruh wilayah kerja yang sebelumnya dikelola rnelalui kontrak kerja sama dengan perusahaan asing. Dia juga meminta Pertamina untuk tidak melakukan kerja sama bisnis yang tidak mengedepankan prinsip saling menghormati. 

“Termasuk sharedown kepada pihak asing yang mengajukan persyaratan yang tidak masuk akal dan merendahkan martabat serta kemampuan bangsa Indonesia,” kata dia. 



(SAW)