Stabilisasi Harga, Bulog Diminta Lokalisasi Pasar Jabodetabek dan Bandung

Husen Miftahudin    •    Selasa, 08 Sep 2015 14:01 WIB
bulogkementan ads
Stabilisasi Harga, Bulog Diminta Lokalisasi Pasar Jabodetabek dan Bandung
Bulog. ANT/Aloysius Jarot Nugroho

Metrotvnews.com, Jakarta: Staf Ahli Menteri Pertanian bidang Investasi, Syukur Irwantoro mengungkapkan, untuk menstabilisasi harga, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) harus mengintervensi daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan Bandung.

Syukur mengungkapkan, permintaan daging sapi di wilayah Jabodetabek dan Bandung merupakan yang tertinggi dibandingkan wilayah lain di Indonesia. Sehingga ketika Bulog melakukan intervensi terhadap wilayah tersebut, maka harga daging nasional akan stabil.

"Gejolak sapi di beberapa daerah seperti Jawa Tengah itu tidak terlalu signifikan, Sumatera Utara juga tak lebih dari 10-15 persen. Kalau pun mereka bergejolak, bisa dipasok dari lokal," tukas Syukur dalam FGD Stabilisasi Pasokan dan Harga Daging Sapi Oleh Perum Bulog di Kantor Bulog, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (8/9/2015).

"Kalau kita mampu menyelesaikan Jabodetabek plus kota Bandung selesai sudah urusannya," tambah dia.

Syukur meyakini, Bulog mampu meredam gejolak pasar yang terjadi. Apalagi tindakan Bulog hanya kepada Jabodetabek dan Bandung yang notabene distribusi logistiknya mudah dan cepat.

"Kalau Bulog diminta seperti beras untuk menampung nusantara, berat. Tapi kalau Bulog melokalisir tiga wilayah itu, Bulog mampu untuk melakukan itu," tutup Syukur.



(SAW)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

8 minutes Ago

Peradilan Setya Novanto ibarat drama hukum. Persidangan sempat diwarnai aksi bisu Setnov. Duduk…

BERITA LAINNYA