Di Pamekasan, Pedagang Jual Hewan Kurban Penyakitan

Agus Josiandi    •    Selasa, 08 Sep 2015 14:40 WIB
idul adha
Di Pamekasan, Pedagang Jual Hewan Kurban Penyakitan
Pasar Keppo, Pamekasan, Madura, Jawa Timur. (Metrotvnews.com/Agus Josiandi)

Metrotvnews.com, Pamekasan: Petugas Dinas Peternakan Kabupaten Pamekasan menemukan hewan kurban berpenyakit diperjualbelikan di Pasar Keppo, Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Temuan ini didapati saat tim melakukan inspeksi mendadak di pasar sapi terbesar di Pulau Madura itu.

Kepala Disnak Pamekasan, Bambang Prayogi mengatakan beberapa jenis penyakit yang menjangkiti hewan ternak di Pasar Keppo di antaranya luka karena lalat, dan terserang penyakit cacingan.

"Sementara yang kita temukan adalah luka karena lalat dan parasit luar serta cacingan, selebihnya belum ditemukan jenis penyakit lainnya," terang Bambang saat ditemui, Selasa (8/9/2015).

Atas temuan tersebut, petugas dari Disnak langsung melakukan tindakan medis  terhadap hewan ternak. Petugas memberikan obat dan menyuntikkan vitamin. "Sementara untuk yang berpenyakit kulit, kita semprotkan obat pembasmi penyakit kulit langsung ke kulit sapi," imbuh Bambang.

Bambang mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dan memilih hewan yang sehat untuk digunakan kurban saat Idul Adha. Hal itu dimaksudkan agar bisa memberikan rasa aman bagi warga yang akan mengkonsumsi.


(SAN)