Tolak Sajikan Minuman Keras, Pramugari Muslim Dihukum

Fajar Nugraha    •    Selasa, 08 Sep 2015 15:00 WIB
peristiwa unik
Tolak Sajikan Minuman Keras, Pramugari Muslim Dihukum
Pramugari menyajikan minuman di pesawat (Foto: Express)

Metrotvnews.com, Atlanta: Seorang pramugari dihukum setelah menolak untuk menyajikan minuman keras di udara. Menurut pramugrari menolak karena bertentangan dengan ajaran agama.

Pramugrasi Muslim, Charee Stanley, menolak untuk menyajikan minuman beralkohol saat bertugas. Dia kemudian menukar tugasnya dengan pramugari lain.

Namun Stanley kemudian diskors setelah seorang koleganya mengeluhkan tindakannya. Pramugari berusia 40 tahun itu, sudah bekerja tiga tahun bersama dengan maskapai Expressjet dan pindah memeluk Islam.

Stanley pun mendekati atasannya pada Juni setelah mengetahui sebagai Muslim dilarang untuk mengonsumsi dan menyajikan minuman alkohol.

Pengacara Stanley yakni, Lena Masri mengatakan, kliennya dikenal hukuman cuti tanpa tanggungan selama satu tahun setelah pramugari lain tidak menyampaikan keluhan.

"Dia dipaksa untuk cuti tanpa tanggungan, sebagai bagian dari instruksi ExpressJet yang diberikan kepadanya," ujar pengacara Stanley, Lena Masri, seperti dikutip Express, Selasa (8/9/2015).

Menurut Masri, keluhan kepada kliennya itu dinilai diskriminatif. Masri juga menyebutkan karyawan yang menyampaikan keluhan itu menyebutkan bahwa Stanley membawa Al-Quran yang digambarkan sebagai "buku dengan tulisan asing" dan mengenakan penutup kepala.

Pihak ExpressJet sendiri menolak dituduh melakukan diskriminasi. Mereka menyebutkan lingkungan kerja ExpressJet sangat beragam dan menghormati kerja sama tim.


(FJR)