Konvensi Capres PD Bisa Jadi Kendaraan Politik Tokoh

- 10 Juli 2013 17:15 wib
MI/Ramdani/fz
MI/Ramdani/fz

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat politik dari Poltracking Institute Hanta Yuda menilai mekanisme konvensi calon presiden Partai Demokrat yang semi terbuka membuka peluang bagi tokoh yang terganjal di partai untuk maju sebagai capres. Mereka diberikan pintu untuk ikut dalam konvensi karena tidak dicalonkan partainya.

"Ada peluang dari kader atau tokoh partai yang tidak terpilih sebagai capres di partainya lalu ikut konvensi, ini yang mungkin bisa terjadi dalam konvensi," kata Hanta kepada Media Indonesia, Rabu (10/7).

Hanta kemudian menyontohkan kader dari Partai Golkar yang memiliki banyak tokoh untuk dimungkinkan ikuti konvensi. Hal ini karena Partai Golkar sudah secara resmi menyalonkan Aburizal Bakrie sebagai capres.

"Pak Jusuf Kalla, Sultan Hamengkubuwono dimungkinkan masuk dalam konvensi. Potensi mereka ada, persoalannya apakah tokoh itu mau," papar Hanta.

Menurut Hanta mekanisme konvensi yang semi terbuka itu belum tentu mengancam partai politik lain yang memiliki kader mumpuni dan dikenal. Hal itu karena hingga kini belum ada aturan main untuk pencalonan di konvensi, terkecuali tujuh aturan pokok yang disebutkan oleh Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono pekan lalu.

"Kita harus tunggu aturan mainnya, kita lihat nanti mekanisme screening mereka. Kemarin kan belum jelas penjabarannya, kita tunggu bagaimana mekanisme dari pencalonan yang semi terbuka itu," ingat Hanta.

Meski belum tentu mengancam pindahnya kader parpol lain ke konvensi PD, Hanta mengingatkan ide konvensi ini berasal dari kurangnya tokoh di internal PD usai SBY tak mungkin dicalonkan lagi.

"Konvensi ini idenya kan berangkat dari kondisi internal mereka dan kosongnya figur yang kuat. Ini juga agar dongkrak popularitas mereka," sebut Hanta.

Seperti diketahui, Partai Demokrat berencana menggelar konvensi untuk menentukan calon presiden yang akan diusungnya pada pilpres 2014 mendatang. Dalam konvensi itu salah satu aturan pokoknya adalah sistem yang semi terbuka, sistem ini membolehkan kader parpol lain ataupun tokoh yang tidak memiliki kendaraan politik maju bersama PD. (Fidel Ali Permana)

()

MESKI sudah tercapai kata islah atau damai, namun kubu Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma…