Transaksi Domestik Tidak Terganggu Pelemahan Rupiah

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 08 Sep 2015 15:52 WIB
rupiah melemah
Transaksi Domestik Tidak Terganggu Pelemahan Rupiah
Illustrasi. REUTERS/Alexander Demianchuk

Metrotvnews.com, Jakarta: Country Manager MasterCard Indonesia Irni Palar mengatakan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika (USD) lebih berpengaruh terhadap transaksi luar negeri dibandingkan transaksi domestik. Menurutnya transaksi domestik masih tumbuh lebih baik.

"Saya rasa secara umum tentunya sudah pasti kita juga kena dampaknya dengan situasi ekonomi saat ini. Namun yang sangat kelihatan pengaruhnya itu orang yang biasa melakukan transaksi di luar negeri," ujar Irni Palar saat ditemui di Restaurant Paradise Dynasty Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (8/9/2015).

Akibat dari dampak ini, Irni menduga banyak orang yang menjadi enggan untuk berpergian ke luar negeri. Bahkan jika memang ingin pergi ke luar negeri, orang akan lebih suka untuk membawa uang tunai.

"Orang yang pergi ke luar negeri mungkin agak sedikit membatasi atau mungkin mereka lebih senang membawa uang tunai karena takut tagihannya datang tiba-tiba kena kurs, konversi kursnya tinggi karena kena mark-up dari bank," ungkap Irni Palar.

Dirinya juga menambahkan meskipun Rupiah anjlok, MasterCard malah tumbuh lebih cepat dari pertumbuhan pasar. Menurutnya hal ini masih cukup sehat dibanding tahun lalu.

"Masih bertumbuh. Ini di sisi volume transaksi secara umum," tuturnya.



(SAW)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA