Ini Cerita Lucy Nyalon di Pilkada Surabaya 2015

Amaluddin    •    Selasa, 08 Sep 2015 16:15 WIB
pilkada serentak
Ini Cerita Lucy <i>Nyalon</i> di Pilkada Surabaya 2015
Calon Wakil Wali Kota Surabaya, Lucy Kurniasari. (Metrotvnews.com/Amaluddin)

Metrotvnews.com, Surabaya: Tidak lolos sebagai calon legislatif (caleg), Lucy Kurniasari kini mendaftarkan sebagai calon wakil wali kota bersama pasangannya, Rasiyo sebagai calon wali kota di Pilkada Surabaya 2015.

Mantan Ning Surabaya itu menceritakan, asal mula kesediannya digandengkan dengan Rasiyo sebagai calon wali kota di Pilkada Surabaya 2015. Menurut Lucy, kesediannya maju sebagai calon kepala daerah semata-mata karena terpanggil ingin mengabdi di tanah kelahirannya.

"Surabaya tanah kelahiran saya. Saya terpanggil untuk memperbaiki Surabaya," kata istri Agus Ferry Yusuf itu, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/9/2015).

Perempuan kelahiran Surabaya 4 Februari 1968 ini pernah mengenyam pendidikan di SMPN 18 Kenjeran Surabaya, SMAN 5 Surabaya, dan menyelesaikan studinya di STIESIA Surabaya pada tahun 1991.

Kemudian, perempuan berusia 47 tahun itu pernah menjadi anggota Komisi I DPR RI periode 2009-2014 dari Partai Demokrat. Kemudian, Lucy kembali mencalonkan sebagai anggota legislatif melaui daerah pemilihan I Surabaya-Sidoarjo pada tahun 2014. Namun, Lucy yang maju sebagai caleg dari Partai Demokrat gagal lantaran suara yang diprolehnya sedikit.

Lucy juga mengaku pernah berkeinginan mencalonkan sebagai Wali Kota Surabaya. Namun, tidak jadi lantaran tidak mendapat restu keluarganya.

"Ada konsentrasi keluarga yang membutuhkan perhatian saya. Saat itu, dorongan dari bawah akhirnya saya mencalonkan diri. Tapi setelah berdiskusi dengan keluarga, saya tidak boleh," cerita ibu dua anak itu.

Kemudian, pada Pilkada Surabaya 2015 kali ini, Lucy mengaku dipanggil oleh partai sebagai calon Wakil Wali Kota Surabaya mendampingi Rasiyo. Keluarga Lucy pun akhirnya mendukung.

"Karena yang manggil Kota Surabaya, kota kelahiran saya, saya semangat," katanya. 

Lucy mengaku dihubungi oleh partai Demokrat, Kamis 3 September 2015 lalu. Setelah itu, Lucy mengaku langsung mengurus berkas persyaratan seperti SKCK, LHKPN, Laporan Bebas Tunggakan Pajak, dan lainnya.

"Saya bersama Pak Rasiyo serius maju di Pilkada Surabaya," ujarnya.


(SAN)