Komjen Anang Libatkan Direktorat Tipikor Tangani Pelindo

Githa Farahdina    •    Selasa, 08 Sep 2015 16:21 WIB
pelindo
Komjen Anang Libatkan Direktorat Tipikor Tangani Pelindo
Bareskrim. Foto: BBC

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengusutan kasus dugaan korupsi dan pencucian uang di PT Pelindo II kini melibatkan Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri. Awalnya, saat Bareskrim dipimpin Komjen Budi Waseso, kasus ini hanya ditangani Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus.

Menurut Juru Bicara Direktorat Eksus Bareskrim Polri Kombes Adi Deriyan, sudah ada pembicaraan dari kedua belah pihak. Dua direktorat ini akan menggelar joint investigation untuk mengungkap dan membongkar praktek korupsi di perusahaan pengelola pelabuhan pelat merah.     

"Tetap melibatkan teman-teman di Eksus karena mereka yang menangani kasus lebih awal," kata Juru Bicara Dirtipikor Polri Adi Deriyan ketika dihubungi, Selasa (8/9/2015).

Menurut Adi, koordinasi kedua direktorat dibutuhkan untuk mencari kemungkinan lain, seperti pencucian uang. Dua direktorat yang kini berada di bawah pimpinan Komjen Anang Iskandar ini harus bekerja sama karena ada banyak unsur dalam kasus ini.

Deriyan belum mau bicara banyak soal pemeriksaan saksi maupun Direktur PT Pelindo Richard Joost Lino. Namun mereka yang nantinya dipanggil dipastikan adalah orang yang memiliki keterkaitan dan dibutuhkan keterangannya.

"Apakah memang Lino dibutuhkan keterangannya, kita belum bicara ke sana. Masih tahap komunikasi saat ini," ujarnya.

Seperti diketahui, Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim tengah menyidik kasus dugaan korupsi dan pencucian uang pengadaan mobile crane harbour di PT Pelindo II. Penyidik telah menggeledah kantor Pelindo II di Tanjung Priok, Jakarta Utara, termasuk ruang kerja Lino. 


(KRI)