Olly: Belum di-PAW karena PDIP Cari Kader Terbaik

Surya Perkasa    •    Selasa, 08 Sep 2015 16:37 WIB
dpr
Olly: Belum di-PAW karena PDIP Cari Kader Terbaik
Pramono Anung, Megawati Soekarnoputri, dan Puan Maharani,--Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa nama politikus PDIP tak kunjung digilir lewat pergantian antarwaktu (PAW) walau mereka tak lagi "berhak" duduk di DPR. Beberapa nama tersebut, yakni Puan Maharani, Tjahjo Kumolo, dan Pramono Anung. Ketiganya saat ini menjabat sebagai menteri. Sementara Olly Dondokambe ikut Pilkada serentak.

Olly yang merupakan mantan Ketua Fraksi PDIP DPR berkelit PAW sebagai kewenangan Dewan Pengurus Pusat PDIP. "Kita harus lihat siapa penggantinya, partai kan punya mekanisme," Olly berdalih ketika dihubungi, Selasa (8/9/2015).

(Baca juga: Tjahjo Tegaskan Sudah Mundur dari Parlemen)

PDIP punya mekanisme siapa pengganti nama-nama yang sudah mengundurkan diri karena menduduki kursi menteri dan maju di Pilkada. Dia menegaskan, partai tentunya tidak bisa sembarangan dan terburu-buru mengganti nama mereka.

"Partai kan melihat, kita harus lihat. Enggak sembarangan," tegas dia.

(Baca juga: Di mana Surat Pengunduran Diri Tjahjo Kumolo?)

Dia juga menganggap bukan sebuah masalah jika PDIP hingga kini tidak melakukan PAW. Walau hampir satu tahun tak ada pergantian, posisi di DPR perlu diperhatikan dengan baik.

Apalagi hal ini menjadi persoalan lain bila pemegang suara nomor dua terbanyak juga sudah menduduki posisi lain. Contohnya Dharmawan Prasodjo yang seharusnya mengisi jabatan Puan. Kini Dharmawan sudah mengisi posisi Staf Kepresidenan.

Tentunya tidak bisa Dharmawan ditarik dari posisinya untuk mengisi kursi PDIP di DPR. "Aturan seperti itu, kita harus lihat," kata dia.

(Baca juga: Posisi Tjahjo dan Puan di DPR Belum Tergantikan)


(MBM)