Siap-siap Bidara Cina Digusur Bulan Depan

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 08 Sep 2015 17:18 WIB
penggusuran kampung pulosodetan kali ciliwung
Siap-siap Bidara Cina Digusur Bulan Depan
Permukiman warga RW 04, 05 dan 14 yang belum mau dibebaskan lahannya untuk proyek sodetan Ciliwung di kawasan Bidara Cina. (Foto:MI/Arya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melanjutkan penggusuran permukiman penduduk di bantaran Kali Ciliwung dan kawasan yang akan dibangun sodetan. Setelah Kampung Pulo, kawasan Bidara Cina, Cawang, Jakarta Timur, akan digusur paling lama bulan depan.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama menegaskan akan merelokasi warga Bidara Cina dalam waktu dekat. "Tetap kita bongkar. Minimal saya kira kalau enggak bulan ini, bulan depan pasti kita bongkar. Karena kita tidak bisa tunda lagi," kata Ahok di Gedung DPRD, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (8/9/2015).
 
Ahok minta salah satu pemilik tanah di daerah Bidara Cina, Hengki Saputra, menyelesaikan sengketa tanah dengan warga secara kekeluargaan. Dari kesepakatan yang ada, Pemprov DKI akan mengganti tanah Hengki yang bersertifikat. "Duit kerohiman kamu (Hengki) yang harus kasih ke orang yang sudah telanjur buat bangunan di atas tanah kamu. Kekeluargaan lah," kata Ahok
 
Ahok mengaku sudah ada perjanjian antara Hengki dan warga soal uang kerohiman. "Katanya dia (Hengki) mau (ngasih uang kerohiman). Namanya juga kerohiman yang ikhlas gitu," katanya.
 
Sebelumnya, sejumlah masyarakat yang mengatasnamakan warga Bidara Cina mengadu ke DPR. Mereka meminta DPR membantu mengusut sengketa tanah Bidara Cina yang akan dibangun sodetan.


(FZN)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA