Indonesia Ajak 3 Negara Lobi Malaysia untuk Sejahterakan Buruh Migran

Mufti Sholih    •    Selasa, 08 Sep 2015 18:14 WIB
dpr ads
Indonesia Ajak 3 Negara Lobi Malaysia untuk Sejahterakan Buruh Migran
Ilustrasi gedung DPR. Antara Foto

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Delegasi Indonesia menggunakan momentum Sidang Umum ke-36 Asean Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) untuk mencari solusi masalah tenaga kerja Indonesia di Malaysia. Delegasi Indonesia juga bertemu delegasi Filipina dan Kamboja untuk membahas masalah sejenis.

Seusai pertemuan, Nihayatul Wafiroh, anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PKB menerangkan, pihaknya mendapat pelajaran dari dua negara tersebut. “Filipina sebenarnya sudah bagus, mereka sudah punya standar minimun gaji di sini (Malaysia),” kata Nini, sapaan Nihayatul, di Hotel Shangri-La, Jalan Sultan Ismail, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (8/9/2015).

Menurut Nihayatul, Indonesia, Filipina, dan Kamboja sepakat untuk menggunakan Forum AIPA dan WAIPA untuk bernegosiasi dengan Singapura dan Malaysia, sebagai negara tujuan migran.

Delegasi ketiga negara, kata dia, bakal melakukan pendekatan diplomasi dengan negara-negara lainnya seperti Vietnam, Myanmar, dan lainnya yang juga mengirim tenaga kerja ke Malaysia. Sebab, negara tersebut diyakini punya pemahaman dan pandangan yang sama.

"Karena selama ini kan, contohnya kita (Indonesia) minta naik harga, (kata Malaysia) 'Ya sudah kalau Indonesia minta naik harga kita ambil dari Bangladesh'. Berarti kita yang negara-negara pengirim ini belum mempunyai kesepakatan bersama," katanya.

Meski begitu, Nihayatul punya celah membuat Malaysia mau menerima permintaan Indonesia, yakni melalui kesepakatan semua delegasi negara pengirim tenaga kerja ke Malaysia.

"Dubes kita di sini (Malaysia) juga mengatakan, memang harus lewat parlemen. Semua parlemen negara-negara pengirim itu punya kesepakatan bersama untuk negosiasi dan menekan,” ujar dia.


(TRK)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

35 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA