Bekuk Pengedar, 1,3 Kilogram Ganja Disita

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 08 Sep 2015 19:21 WIB
narkoba
Bekuk Pengedar, 1,3 Kilogram Ganja Disita
Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Sleman, AKP Anggaito Hadi Prabowo (kedua kanan) menunjukkan barang bukti ganja. Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Sleman membekuk seorang pengedar ganja, Kamis, 3 September. Pengedar yang bernama Santoso Ari (36 tahun), ditangkap di rumahnya, di Kebur Kidul RT I RW 13, Argomulyo, Cangkringan, Sleman.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Sleman, AKP Anggaito Hadi Prabowo mengatakan menyita dua paket ganja yang masing-masing berukuran 700 gram dan 500 gram dari tersangka. Selain itu juga menyita 12 paket ganja siap edar dengan berat masing-masing 0,5 gram.

Menurut Anggaito, tersangka diketahui sebagai pemilik bengkel sepeda motor. Setelah melakukan pendalaman, kepolisian menelusuri melalui seorang konsumen tersangka.

"Berawal dari laporan masyarakat terkait adanya seseorang yang diduga pemakai. Setelah itu, seseorang diamankan dan dilakukan pengembangan yang mengarah pada seseorang yang menjadi konsumen SA," kata Anggaito di Yogyakarta, Selasa (8/9/2015).

Kemudian, ia melanjutkan, kepolisian melakukan penggeledahan di rumah tersangka. Total ada 1,3 kilogram barang bukti yang diamankan.

"Dari keterangan tersangka, barang diperoleh dari Surabaya dan Sumatera melalui jalur darat. Lalu akan dipasarkan di daerah Boyolali, Klaten, Yogyakarta dan sekitarnya," jelasnya.

Akibat tindakannya, kepolisian menjerat tersangka dengan Pasal 114 dan 111 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman delapan tahun bui serta denda maksimal Rp8 miliar.


(UWA)