Proyek 35 Ribu MW akan Tercapai Jika...

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 09 Sep 2015 09:18 WIB
proyek 35.000 mw
Proyek 35 Ribu MW akan Tercapai Jika...
Dirut PLN Sofyan Basir -- FOTO: Antara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) optimistis megaproyek 35 ribu megawatt (mw) akan tercapai dan sangat realistis. Kendati tidak mudah mewujudkan dan merealisasikannya.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir berharap proyek yang dicanangkan Presiden Joko Widodo ini akan tercapai. Menurutnya, proyek ini cukup realistis bila semua proses bisa berjalan dengan lancar.

"Mudah-mudahan tercapai 35 ribu mw. Menurut saya, itu sebenarnya realistis kalau semua berjalan dengan lancar," ungkap Sofyan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 8 September 2015.

Adapun beberapa proses yang diharapkan dapat berjalan dengan lancar, sebut Sofyan, seperti pembebasan tanah yang mudah, kemudian mau dibayar sesuai NGOP, lalu mau masyarakat mau pindah usai pembayaran.

Lebih lanjut, untuk jaringan, masyarakat diharapkan mau untuk pindah rumah karena rumah mereka akan terlewati jaringan-jaringan pembangkit listrik 35 ribu mw.

"Seperti, kamu punya tanah dibebaskan dengan mudah. Dibayar sesuai NJOP. Kalau sudah dibayar mau pindah. Tapi kan banyak yang tidak mau masyarakat. Mengenai jaringan, ada penduduk yang tidak mau digusur. Perlu waktu, pergi ke pengadilan. Itu kan ada proses. Itu semua 35 ribu mw 2019 jalan dengan kondisi semua berjalan dengan baik," jelas dia.

Sampai tahun ini, perkembangan proyek ini Sofyan menjelaskan baru sampai PPA. Ia mengatakan demikian kendati proyek ini baru dicanangkan Mei 2015 lalu jadi baru melewati tiga bulan.

"Baru PPA. Kan baru dicanangkan Mei 2015 lalu di samas baru jalan tiga atau empat bulan. Juni, Juli, Agustus. Baru tiga bulan. Kami sudah tanda tangan sekian belas ribu megawatt," papar dia.

Adapun dari PPA itu, dia juga mengatakan tahun ini akan diselesaikan sebayak 14 ribu mw sampai 15 ribu mw. "Mungkin kami akan selesaikan 14 ribu-15 ribu mw PPA. Penandatangan perjanjian. Tapi kalau yang COD sudah jalan juga," pungkas dia.


(AHL)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

11 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA