Fan Rusuh di Stadion, Menpora Malaysia "Semprot" FAM

Hilman Haris    •    Rabu, 09 Sep 2015 10:57 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
Fan Rusuh di Stadion, Menpora Malaysia
Suporter Malaysia melemparkan kembang api ke dalam lapangan (MANAN VATSYAYANA / AFP)

Metrotvnews.com, Shah Alam: Suporter bertindak anarkis ketika timnas Malaysia menjamu Arab Saudi dalam pertandingan Kualifikasi Grup APiala Dunia 2018, di Stadion Shah Alam, Selasa 8 September. Wasit mesti menghentikan laga saat pertandingan memasuki menit ke-87 karena penonton Malaysia dengan menyalakan kembang api dan melempar mercon ke dalam lapangan.

Stadion mendadak mencekam. Jarak pandang di sisi kiri stadion mulai memburuk lantaran diselimuti asap pekat dari kembang api. Sadar situasi makin tak kondusif, para pemain Malaysia dan Arab Saudi akhirnya langsung berhamburan ke luar lapangan. 

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Khairy Jamaluddin mengecam tindakan suporter. Namun, ia juga menyebut Asosiasi Sepak bola Malaysia (FAM) sebagai pihak yang bersalah karena lalai mengontrol pertandingan tersebut.

"FAM kehilangan kontrol atas stadion mereka. Para pendukung melempar kembang api merupakan tindakan yang salah. Semuanya salah pada malam ini," ujar Jamaluddin seperti dikutip The Malay Mail Online.

Malaysia tertinggal 1-2 dari Arab Saudi sebelum kericuhan terjadi. Mungkin karena kesal karena tim kesayangan bakal kembali kalah, fan akhirnya murka dan bertindak anarkis. Kekesalan suporter sepertinya mencapai titik didih memuncak pada laga itu setelah dibuat kecewa setelah melihat Malaysia dibantai Uni Emirat Arab dengan skor 0-10 pada laga sebelumnya. 

Saat ini Malaysia untuk sementara menghuni urutan buncit klasemen Grup A. Rapor buruk itu akhirnya memakan korban. Lantaran terus dihujani kritik, Dollah Salleh memutuskan untuk mengundurkan diri dan digantikan oleh mantan gelandang Malaysia, Ong Kim Swee setelah tim dibantai UEA. 



(HIL)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA