Menteri Agama Ajak Masyarakat Salat Minta Hujan

Antara    •    Rabu, 09 Sep 2015 10:58 WIB
asap
Menteri Agama Ajak Masyarakat Salat Minta Hujan
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: Dheri Agriesta/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengajak masyarakat untuk melakukan salat meminta hujan (istisqa) di tengah rendahnya curah hujan di banyak daerah di Indonesia. 

"Saya mengimbau umat Islam untuk mengadakan salat Istisqa untuk meminta turun hujan," kata Lukman lewat keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu (9/9/2015), seperti dikutip Antara.

Menag mengharapkan para ulama, pimpinan ormas Islam dan imam masjid agar berinisiatif mengajak masyarakat, khususnya umat Islam mengadakan salat Istisqa secara berjemaah. 

Istisqa sendiri merupakan salat sunnah dua rakaat yang dianjurkan untuk memohon turun hujan. Salat Istisqa dilakukan dengan dua rakaat yang dilanjutkan dengan khutbah. Dalam khutbahnya, khatib akan menjelaskan tentang urgensi salat Istisqa dan kebutuhan manusia akan rahmat Allah dalam semua hal.

Kemudian, khatib meminta hujan kepada Allah dengan doa yang khusyuk. Selain umat Islam, Menag juga mengimbau umat beragama lainnya turut berdoa agar hujan segera turun dan membawa berkah bagi umat manusia.

"Saya juga mengajak seluruh umat beragama lainnya turut berdoa agar hujan segera turun dan membawa berkah", katanya.

Musim kemarau melanda Tanah Air dan sudah memasuki bulan keenam, terhitung sejak Maret lalu yang ditandai menurunnya intensitas curah hujan. Hujan yang tak kunjung turun menyebabkan sumur penduduk mengering dan mulai mengancam lahan pertanian di beberapa wilayah di Indonesia. 

Suhu panas akibat kekeringan panjang juga berdampak pada terbakarnya sebagian lahan hutan dan menyebabkan kabut asap yang mengganggu aktivitas penduduk hingga menyebabkan penyakit pernapasan.



(KRI)

Kasus KTP-el, Bos Delta Energy Diperiksa KPK

Kasus KTP-el, Bos Delta Energy Diperiksa KPK

13 minutes Ago

Bos PT Delta Energy dan toko buku Gunung Agung, Made Oka diperiksa KPK selama tujuh jam soal ka…

BERITA LAINNYA