Teroris Asal Probolinggo Dipindahkan ke Lapas Kendal

Iswahyudi    •    Rabu, 09 Sep 2015 11:06 WIB
teroris
Teroris Asal Probolinggo Dipindahkan ke Lapas Kendal
Foto: Ilustrasi/Ant_Noveradika

Metrotvnews.com, Kendal: Seorang terpidana teroris asal Probolinggo, Jawa Timur, IR, 32, dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kendal, Jawa Tengah, Selasa 8 September. IR merupakan satu dari tujuh terpidana teroris yang berencana meledakkan sejumlah obyek vital di Surabaya.

Anggota kelompok teroris Abu Roban, itu dibawa ke Lapas Kendal dengan pengawalan ketat anggota Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

"Sebelum ditangkap kelompotan IR akan meledakkan beberapa tempat seperti Dolly dan obyek vital lain di Surabaya. Sebelum melakukan aksinya, beruntung kawanan teroris tertangkap lebih dahulu," kata Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Kendal, Amiruddin, Selasa (8/9/2015).

Amiruddin mengatakan, ketujuh teroris itu dibekuk tim Densus 88 di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) di Surabaya, pada 2013 lalu. IR kemudian divonis 6 tahun penjara. Kemudian, Kejaksaan Agung memindahkan teroris ke sejumlah Lapas untuk pembinaan.

"Kalau berkumpul dengan pelaku lain, dikhawatirkan tidak menyadari kesalahannya. Sehingga para pelaku disebar termasuk di Kendal," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kendal Yeni Andriyani mengatakan, Kejaksaan Agung sebelumnya memilih memindahkan teroris ke Lapas Kelas I. Namun Lapas Kelas IIA Kendal dipilih karena kota ini dinilai kondusif.

"Harusnya memang di Lapas Kelas I. Mungkin karena Kendal kondusif jadi dititipkan di sini," kata Yeni.


(TTD)