Hindari Hal-Hal Ini Setelah Makan

   •    Rabu, 09 Sep 2015 12:35 WIB
kesehatan
Hindari Hal-Hal Ini Setelah Makan
Hindari minum teh setelah makan. (foto:healthyfoodspace.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Makanan yang Anda makan mungkin sudah sangat sehat dengan kandungan gizi yang seimbang. Namun, sayangnya kebiasaan setelah makan yang sering Anda lakukan memicu berbagai masalah kesehatan.

Oleh karena itu, lakukan kebiasan ini setelah makan agar tetap sehat dan makanan yang Anda konsumsi pun bisa bekerja dengan baik.

1. Jangan tidur
Walaupun bukan tertidur pulas, makan langsung tidur bisa mengurangi laju pencernaan Anda. Artinya, Anda akan merasa selalu kembung.

2. Minum air hangat
Air hangat di perut membantu memecah makanan untuk memastikan pencernaan lebih cepat. Jadi, jangan lupa untuk minum segelas air hangat setelah makan.

3. Jangan melonggarkan ikat pinggang
Melonggarkan ikat pinggang setelah makan itu sama saja melatih perut Anda untuk tetap besar. Biarkan sabuk Anda berada pada tempatnya agar otot perut tetap tegas.

4. Hindari minum teh
Minum teh setelah makan sebenarnya tidak baik, namun di masyarakat Indonesia ini sudah menjadi kebiasaan. Teh mengandung polifenol dan tanin yang membuat tubuh sulit menyerap zat besi.

5. Jangan berolahraga
Jangan jadikan kebiasaan olahraga berat setelah makan. Alih-alih sehat, Anda malah merasa mudah lesu dan lemak akan semakin menumpuk di perut Anda.

6. Tidak boleh mandi
Pencernaan membutuhkan banyak energi, karena itu membutuhkan jumlah yang baik dari aliran darah menuju perut. Namun, ketika Anda mandi tepat setelah makan, tubuh Anda akan memancarkan panas yang berakhir aliran darah di seluruh tubuh bergerak untuk mendinginkan suhu tubuh. Dengan demikian, proses pencernaan Anda akan terganggu.

7. Jangan merokok
Penelitian mengatakan merokok setelah makan dapat menyebabkan radang perut karena isi tinggi nikotin, tar dan berbagai bahan kimia berbahaya lainnya hadir dalam rokok.

Setelah makan, sebaiknya Anda berjalan-jalan sejenak sekitar 20 menit setelah makan. Ini akan membantu proses pencernaan dan perut tidak kembung serta panas. (Sumarni/ Idiva)


(LOV)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

2 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA