Cerita Ahok Tentang Asal Mula Proyek LRT

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 09 Sep 2015 13:00 WIB
lrt
Cerita Ahok Tentang Asal Mula Proyek LRT
Presiden Joko Widodo, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendengarkan penjelasan maket proyek LRT dari Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan. (Foto:Antara/Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahja Purnama optimistis proyek Light Rail Transit (LRT) lancar. Terlebih, proyek itu sudah digagas sejak Presiden Joko Widodo masih menjabat sebagai Gubernur DKI.
 
Ahok yakin, proyek rampung tepat waktu. Ahok bercerita, saat jadi DKI-1, Jokowi sudah membahas masalah transportasi massal itu. Jokowi, Ahok, dan Adhi Karya sepakat membangun angkutan massal berbasis rel. Namun, saat itu proyek terkendala di kemanterian karena proses birokrasi rumit.
 
"Dulu kita harus ngomong bahwa ini barang (proyek) harus pakai APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Kita ke menteri juga susah. Sekarang beruntung, pak Jokowi sudah ke sana (Istana). Rapat berapa kali, kita sudah ketemu formula. Jadi semua cocok, klop, dan cepat,” kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (9/9/2015).
 
Tak ada sebersit keraguan di benak Ahok. "Kita sangat untung pak Jokowi jadi presiden. Dulu, kita diskusinya sama presiden (Susilo Bambang Yudhoyono) dan Adhi Karya, akhir 2012 tuh. Kita langsung sepakat namanya transportasi massal kan mesti dibangun berbasis rel," Ahok menerangkan.
 
Menurut Ahok, kewenangan proyek ini tidak bersinggungan antara Pemprov DKI dengan pemerintah pusat. "Jadi kami bangun dan dia (pusat) juga bangun. Karena semua yang kita bangun punya pemerintah. Jadi tidak mungkin ada keributan," katanya.
 
Ahok mengungkapkan, semua sarana dan prasarana LRT akan dibangun pemerintah pusat bekerja sama dengan DKI. Tapi, untuk kereta akan dilelang ke pihak ketiga. "Semua prasarana, relnya itu Pemda yang bangun, sama negara yang bangun. Nanti keretanya baru dilelang. Operasionalnya baru dilelang," ujar Ahok.


(FZN)

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

2 hours Ago

Kasus hukum yang menjerat Novanto adalah pidana dan di luar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) an…

BERITA LAINNYA