Sembilan BUMN Siap Bangun LRT

Antara    •    Rabu, 09 Sep 2015 14:11 WIB
lrt
Sembilan BUMN Siap Bangun LRT
Ground Breaking ADHI. MTVN/Gervin

Metrotvnews.com, Jakarta: Sembilan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membentuk konsorsium untuk bekerja sama dalam membangun LRT sepanjang 86,3 kilometer (km) di area Jakarta. 

Sembilan BUMN tersebut adalah PT Jasa Marga Tbk, Perum PPD, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), Perum Bulog, PT BNI Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT BRI Tbk, dan PT BTN Tbk. Namun tidak hanya itu, PT Jakarta Propertindo juga kan terlibat dalam pembangunan konstruksi massal senilai Rp23,8 triliun. 

Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan, mengatakan sinergi di antara BUMN akan membutuhkan lahan, pembiayaan dan konstruksi serta kerja sama untuk menciptakan nilai tambah bagi perusahaan dan masyarakat. 

“Fase pertama konstruksi akan membutuhkan biaya sebanyak Rp11,9 triliun untuk tiga jalur yakni Cibubur-Cawang sepanjang 13,7 km, Cawang-Dukuh Atas sepanjang 10,5 km, dan Bekasi Timur-Cawang sepanjang 17,9 km. Fase kedua adalah Cibubur-Bogor, Dukuh atas Palmerah-Senayan dan Palmerah-Grogol dengan total 41,5 km,” kata dia di Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Dia mengatakan kerja fase pertama akan dimulai akhir kuartal 2015 yang akan diselesaikan di 2016 dan fase kedua akan dimulai akhir 2016 dan selesai pada 2018. Akan ada enam kereta yang membawa 24.000 penumpang setiap hari dengan kecepatan 60-80 km per jam. 

Presiden Joko Widodo mengatakan pembangunan LRT akan memulai pembangunan transportasi massal di luar Jakarta. Karena akan bersinergi dengan TransJakarta, bandara udara Jakarta-bandung dan kereta cepat.

“Kita berharap ini akan tepat waktu,” ujar dia.   



(SAW)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

4 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA