Dana Desa di Jombang Baru Terserap Rp16,48 Miliar

Nurul Hidayat    •    Rabu, 09 Sep 2015 14:59 WIB
dana desa
Dana Desa di Jombang Baru Terserap Rp16,48 Miliar
Ilustrasi anggaran daerah.

Metrotvnews.com, Jombang: Tingkat serapan Dana Desa (DD) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur hanya 24,12 persen atau sekitar Rp16,48 miliar dari total dana Rp68,35 miliar. Dari total 302 desa, baru 143 desa yang telah mencairkan DD tahap I, sementara tiga desa sudah mencairkan DD tahap II.

"Dari segi persentase baru 24,12 persen dari total target yang sudah kami tentukan," ujar Kabid Pemberdayaan Aparatur dan Pemerintahan Desa, Kabupaten Jombang, Muchammad Roni, Rabu (9/9/2015).

Roni mengatakan rendahnya tingkat serapan dikarenakan desa belum penuhi persyaratan. Seperti penyerahan Peraturan Desa dan Rencana Anggaran Penyerapan Umum ke masing-masing kecamatan. "Padahal, itu jadi salah satu syarat pencairan, ini menjadi penghambat," imbuhnya.

Roni menegaskan, penggunaan Dana Desa hanya untuk dua fungsi yanki pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. "Jangan sampai dipergunakan untuk yang lain, karena dua itu adalah pokok penggunaan Dana Desa," kata dia.

Lebih lanjut, Roni menginformasikan, hingga saat ini baru tiga desa yang sudah mencairkan DD tahap II. Ketiga desa itu adalah Desa Sumber Teguh Kecamatan Kudu, Desa Tinggar Kecamatan Bandarkedung Mulyo, "dan Desa Jati Ganggong, Kecamatan Perak," tutup Roni.


(SAN)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA