Empat Harapan Apindo dari Paket Kebijakan Ekonomi

Husen Miftahudin    •    Rabu, 09 Sep 2015 16:04 WIB
apindopaket kebijakan ekonomi
Empat Harapan Apindo dari Paket Kebijakan Ekonomi
Ketua Umum Apindo Hariyadi B. Sukamdani (FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah sore ini berencana mengeluarkan paket kebijakan untuk memperbaiki kondisi perekonomian Indonesia di tengah perlambatan. Paket kebijakan ini nantinya akan menjaga stabilitas perekonomian domestik di tengah gonjang-ganjing dan tekanan perekonomian global.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B Sukamdani mengaharapkan paket kebijakan yang akan dikeluarkan pemerintah betul-betul mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, perekonomian nasional kini berada di bawah kondisi sehat.

"Sekarang ekonomi kita sudah sangat-sangat di bawah daripada kondisi yang sehat. Sekarang semua sektor sudah melemah dan kita harapkan dengan paket kebijakan ini akan meningkatkan dan menjadikan rebound, pemulihan kembali kondisi ekonomi kita," ujar Hariyadi, ditemui di Restoran Roa, Kawasan SCBD, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2015).

Ia mengungkapkan, para pengusaha mengharapkan empat hal atas keluarnya paket kebijakan ini. Pertama, sebut dia, adalah deregulasi atas seluruh aturan yang tumpang tindih dan mengganggu atau menghambat sektor riil.

"Kedua yang kita harapkan adalah relaksasi dari kebijakan fiskal. Jangan sampai kebijakan fiskal menghambat atau malah melemahkan kondisi sektor riil. Contohnya cukai di IHT (Industri Hasil Tembakau), itu kan kebijakan yang melemahkan sektor riil, itu kan bisa dikoreksi," paparnya.

Sedangkan ketiga, yang diharapkan oleh pengusaha adalah adanya upaya dari pemerintah untuk memperbesar subtitusi impor. Hariyadi menyebut, pasar domestik saat ini harus dijaga agar industri dalam negeri dapat berjalan dengan baik dan mampu bersaing dengan industri luar.

"Lalu yang keempat itu adalah government spending yang harus segera dilaksanakan," pungkas Hariyadi.


(ABD)