Pemerintah Diminta Kelola Sisa Dana Daerah Jadi SUN

Husen Miftahudin    •    Rabu, 09 Sep 2015 16:40 WIB
surat utang
Pemerintah Diminta Kelola Sisa Dana Daerah Jadi SUN
Ketua Umum Apindo Hariyadi B. Sukamdani (ANTARA FOTO/Teresia May)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B Sukamdani menilai dana-dana daerah banyak yang tersisa karena program pemerintah daerah yang tak terlaksana. Dengan dasar itu, pemerintah pusat diminta untuk mengonversi sisa dana daerah tersebut menjadi Surat Utang Negara (SUN).

"Kalau pun terjadi dana di daerah yang tetap tidak bisa dieksekusi, maka kita harapkan pemerintah sudah siap dengan instrumen untuk mengonversi dana-dana daerah itu menjadi Surat Utang Negara (SUN)," ujar Hariyadi, ditemui di Restoran Roa, Kawasan SCBD, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2015).

Menurut dia, hal ini agar pemerintah pusat memiliki dana segar dari lelang SUN untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Pasalnya, waktu yang tersisa untuk tahun ini hanya empat bulan, sehingga pemerintah harus memiliki dana segar untuk mendorong daya beli masyarakat.

"Ada wacana untuk mengonversi dana yang ada di daerah yang sudah terlanjur ditransfer daerah itu untuk dikonversi jadi SUN. Artinya, dana yang tidak digunakan daerah maka oleh pemerintah pusat bisa dikonversikan menjadi SUN yang bisa digunakan oleh pemerintah pusat," paparnya.

Ia menambahkan, hal itu perlu dilakukan agar dana daerah yang tersisa tidak menjadi dana 'nganggur' dalam pemerintahan sehingga pemerintah pusat dapat memanfaatkan dana tersebut melalui konversi ke SUN untuk mendorong konsumsi masyarakat yang berimplikasi pada peningkatan ekonomi nasional.

"2015 ini target penerimaan pajak itu kemungkinan tidak akan tercapai, nah dana itu menutup bolong-bolong. Pasti pemerintah pusat akan ada banyak pos-pos yang kekurangan dana. Itu kita pakai sementara dari dana daerah. Nanti kalau dia memerlukan, bisa dia jual SUN itu," tutup Hariyadi.



(ABD)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

4 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA