Menteri Tjahjo: Orang Mati Masih Masuk Data Pemilih

Surya Perkasa    •    Rabu, 09 Sep 2015 16:46 WIB
pilkada serentak
Menteri Tjahjo: Orang Mati Masih Masuk Data Pemilih
Mendagri Tjahjo Kumolo--Metrotvnews.com/M. Rodhi Aulia

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku sudah menyerahkan data pemilih kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tjahjo mengakui masih ada masalah dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) itu.

"Data pemilih dari tiap kecamatan sudah diserahkan ke KPU. Kemendagri melalui Kabupaten Kota. Memang masih ada orang sudah mati masuk (data pemilih)," kata Tjahjo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Kementerian Dalam Negeri kini tengah memperbaiki data yang ada. Tapi, jumlahnya tak banyak. "Mulai disisir, tapi tidak terlalu banyak," ungkap dia.

Dia menambahkan, KPU sudah mengatakan siap dalam mengantisipasi pergerakan pemilih di daerah perbatasan. Kemendagri siap membantu KPU dalam sisi anggaran. "Ranahnya KPU pengecekan. Kami sudah mendorong KPU dari segi anggaran,” kata dia.

Kemendagri berencana mengusulkan sistem e-voting ke DPR untuk Pilkada selanjutnya. Namun sistem ini baru bisa terlaksana bila data dan perangkat e-voting disiapkan. "Kami sepakat mengajak DPR mengajak e-voting," pungkas dia.


(YDH)