Pemerintah Beri Vitamin Kuatkan Industri Dalam Negeri

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 09 Sep 2015 17:36 WIB
perindustrian
Pemerintah Beri Vitamin Kuatkan Industri Dalam Negeri
Gedung Kemenko Perekonomian (Foto: Dokumentasi Setkab)

Metrotvnews.com, Jakarta: Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kemenko Perekonomian Edy Putra Irawady mengatakan untuk mengejar perlambatan ekonomi yang tengah terjadi maka sektor industri nasional sudah harus didorong. Jika dibiarkan, perlambatan industri nasional akan terus terjadi mengingat industri dalam negeri terus mengalami penurunan sejak 2012.

Edy tidak menampik, perlambatan industri dalam negeri juga dikarenakan banyaknya izin usaha yang harus dilewati para pengusaha dalam menjalankan masing-masing usahanya. Pada 2012 tercatat izin usaha mencapai 1.150-an. Jumlah tersebut bertambah hingga saat ini.

"Sekarang mendekati 1.400-an. Tidak mudah memang kalau kita cabut izin ini," kata Edy, dalam sebuah diskusi bersama sejumlah pimpinan media, di Kantor Kemenko Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat (9/9/2015).

Dirinya mencontohkan, misalnya, perizinan mengenai ekspor ada sekitar 2.228 aturan soal komoditi ekspor. Ini, jelas dia, baru peraturan yang berada di pusat, belum lagi di daerah. Untuk itu, dia menjelaskan, pemerintah akan fokus bagaimana memberi obat bagi industri untuk pulih.

"Obatnya kegiatan industri meningkat, utilisasi naik. Mediately action yang kami lakukan kelancaran arus barang untuk industri. Itu jangka pendek ," jelas dia.

Untuk meningkatkan daya saing, masih kata Edy, pemerintah juga berupaya untuk menguatkan industri UMKM dan koperasi, terbukti dari anggaran KUR yang dialokasikan sebesar Rp10,5 trliun dan penurunan bunga KUR menjadi sembilan persen di tahun depan dari sebelumnya 12 persen.

"Jadi, fokus kami memberi obat untuk pulih. Beri vitamin untuk kuat. Dan beri suplemen agar unggul pada industri kita sehingga nanti akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja, dan meningkatakan kembail perdagangan luar negeri meng-attract investasi," jelas dia.


(ABD)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

1 hour Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA