Uni Eropa Umumkan Rencana Pembagian Kuota Pengungsi

Willy Haryono    •    Rabu, 09 Sep 2015 17:44 WIB
imigran gelap
Uni Eropa Umumkan Rencana Pembagian Kuota Pengungsi
Kepala Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker. (Foto: AFP / FREDERICK FLORIN)

Metrotvnews.com, Brussels: Kepala Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker mengumumkan rencana mengatasi krisis keimigrasian terburuk dalam 70 tahun terakhir. 

Juncker memaparkan rencana membagi-bagi 120 ribu pengungsi Timur Tengah ke seluruh negara anggota Uni Eropa. Diumumkan pula rencana membentuk sistem penanganan pengungsi yang bersifat permanen. 

"Harus ada aksi nyata dan berani. Sekarang bukan saatnya untuk takut," tegas Juncker dalam pidatonya di hadapan Parlemen Eropa, seperti dilansir AFP, Rabu (9/9/2015). 

Krisis keimigrasian telah menyentuh hati banyak orang di seluruh dunia, terutama setelah munculnya foto Aylan Kurdi, bocah tiga tahun asal Suriah yang ditemukan tewas di pantai Turki. 

Jerman, yang akan menerima 800 ribu pengungsi tahun ini, mengaku dapat menerima setengah juta lainnya untuk beberapa tahun ke depan. Kanselir Jerman Angela Merkel menyebut rencana ini merupakan lanngkah pertama yang penting. 

Lebih dari 350 ribu orang mempertaruhkan nyawa menyeberangi Laut Mediterania untuk menuju Eropa sejauh ini. Jumlah ini melompat jauh dari total tahun lalu yang hanya 219 ribu.



(WIL)