Pemkot Solo Latih Juru Parkir Operasikan Alat Parkir Elektronik

Pythag Kurniati    •    Rabu, 09 Sep 2015 17:58 WIB
parkir meter elektronik
Pemkot Solo Latih Juru Parkir Operasikan Alat Parkir Elektronik
Juru parkir dilatih menggunakan alat parkir meter elektronik, MTVN - Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, menerapkan sistem parkir elektronik pada awal Oktober 2015. Lantaran itu, Dinas Perhubungan dan Komunikasi (Dishubkominfo) Solo melatih sejumlah juru parkir untuk mengoperasikan alat parkir elektronik.

"Sesuai dengan Perda Nomor 9 Tahun 2011 mengenai retribusi Kota Solo maka kita akan berlakukan parkir elektronik dengan menggunakan mesin parkir khusus yang bersifat mobile," kata Kepala UPTD Perparkiran Dishubkominfo Kota Solo, M Usman, Rabu (9/9/2015). 

Usman mengklaim sistem itu mengoptimalkan pelayanan parkir di Solo. Satu di antaranya alat parkir elektronik itu gampang dibawa.

"Nanti juru parkir pun dapat menghampiri pemilik kendaraan sehingga tidak perlu mendekati mesin seperti mesin-mesin parkir statis pada umumnya," tutur Usman.

Pengendara sepeda motor maupun roda empat akan dikenakan tarif progresif sesuai dengan lama waktu parkir. Usman pun mengatakan juru parkir tak perlu takut penghasilan berkurang akibat penerapan alat tersebut. 

Dishubkominfo akan menjadikan kawasan Jalan Dr Rajiman sebagai pilot project pemberlakuan alat parkir elektronik. Jika berhasil maka sistem itu akan diberlakukan di seluruh kawasan Kota Solo. 

"Kita launching alat ini awal Oktober dan kita akan evaluasi terus pelaksanaannya," pungkas Usman.
 


(RRN)