Rekor Gol Inggris dan Kisah Rooney sebagai Striker Spesialis Kualifikasi

Hilman Haris    •    Rabu, 09 Sep 2015 18:20 WIB
liga dunia
Rekor Gol Inggris dan Kisah Rooney sebagai Striker Spesialis Kualifikasi
Wayne Rooney bersorak gembira usai membukukan gol ke-50 untuk timnas Inggris (ADRIAN DENNIS / AFP)

Metrotvnews.com, London: Suasana hati Wayne Rooney mungkin sedang berbunga-bunga pada saat ini. Maklum, striker berusia 29 tahun itu baru saja menahbiskan diri sebagai top skorer sepanjang masa timnas Inggris dengan koleksi 50 gol. Rooney menorehkan catatan itu usai mencetak gol ke gawang Swiss pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2016, Rabu 9 September.

Dengan torehan 50 gol, Rooney sukses mematahkan rekor legenda Inggris, Bobby Charlton yang sudah bertahan selama 45 tahun. "Ini mimpi yang menjadi nyata," kata Rooney selepas pertandingan.


"Ini merupakan sebuah kebanggaan sekaligus momen membanggakan buat saya. Sebuah kehormatan bisa memecahkan rekor ini sebelum saya berusia 30 tahun," girang Rooney.

Akan tetapi, sedikit cerita miris terselip dalam rekor yang baru saja dibuat Rooney. Faktanya, gol-gol sang striker lebih sering tercipta dalam ajang kualifikasi dan persahabatan. Rooney jarang mencetak gol saat Inggris tampil di turnamen resmi seperti Piala Eropa dan Piala Dunia. Jangan lupa pula, hampir 15 gol Rooney dicetak saat melawan negara-negara yang secara kualitas di bawah Inggris. San Marino salah satunya. Sejauh ini, sudah lima gol dibuat Rooney ke gawang tim berperingkat ke-193 FIFA tersebut. Negara yang notabene punya peringkat lebih buruk dari Indonesia!

Sejauh ini, Rooney baru mencetak enam gol di turnamen resmi. Satu gol di Piala Dunia dan lima ketika tampil di Piala Eropa. Catatan itu terbilang tak memuaskan karena Rooney sudah berpartisipasi di tiga Piala Dunia (11 pertandingan) serta dua Piala Eropa (enam pertandingan).

Dengan sumbangsih gol seperti itu, tak heran jika Rooney kerap gagal membawa The Three Lions melaju jauh di turnamen resmi.  Bahkan, striker yang memperkuat Manchester United tersebut gagal menghindarkan Inggris dari posisi juru kunci di Piala Dunia 2014.

Apologi Cedera

Cedera dianggap menjadi salah satu alasan Rooney tampil melempem di turnamen besar. Ia tiba di Piala Dunia 2006 dengan kondisi kurang fit setelah lama absen akibat cedera metatarsal. Cedera serupa juga menjadi penghambat langkah Rooney untuk tampil maksimal di Piala Dunia 2010. 

Namun teori itu tak sepenuhnya tepat karena faktanya Rooney berada dalam kondisi prima sebelum Piala Eropa 2012 dan Piala Dunia 2014 digelar. Tapi ia tetap saja gagal tampil tajam. Total, Rooney hanya mampu mencetak dua gol di kedua ajang tersebut.

Pretasi itu berbanding terbalik ketika Rooney tampil di kualifikasi. Terbaru, ia sudah mencetak tujuh gol dari delapan laga Kualifikasi Piala Eropa 2016. Berkat torehan itu, sang striker berhasil membawa The Three Lions ke puncak klasemen serta tak terkalahkan dari delapan laga.

Tapi apalah arti gol di babak kualifikasi. Nama-nama beken seperti Ronaldo, Rivaldo, Ronaldinho, Zinedine Zidane, Dunga, Diego Maradona, dan Pele dikenang bukan karena mereka tampil moncer di kualifikasi. Mereka dipuja-puja dan dikenang karena bisa membawa negara masing-masing berprestasi di turnamen sesungguhnya. 

Rooney mesti menyiapkan mental dan fisik dengan baik sebelum Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018 digelar. Pasalnya, dua ajang itu menjadi kesempatan terakhirnya untuk melepaskan diri dari label striker kelas kualifikasi. Andai kembali mandul dan gagal membawa Inggris berjaya, rasanya Rooney tak layak berpesta terlalu meriah karena prestasi melewati rekor Charlton bakal terasa hambar.

Gol-gol Rooney untuk timnas Inggris
Piala Dunia: 1 (11 main)
Kualifikasi Piala Dunia: 16 (22 main)
Piala Eropa: 5 (6 main)
Kualifikasi Piala Eropa: 14 (27 main)
Persahabatan: 14 (41 main)

Negara yang paling sering dibobol Rooney:
San Marino: 5 gol
Swiss: 4 gol
Krosia: 4 gol
Denmark: 2 gol
Montenegro: 2 gol



(HIL)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

1 hour Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA