Menko Maritim Siap Genjot Penerimaan Devisa dari Pariwisata

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 09 Sep 2015 19:11 WIB
Menko Maritim Siap Genjot Penerimaan Devisa dari Pariwisata
Menko Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli (MI/USMAN ISKANDAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli berjanji akan menggenjot penerimaan devisa dari sektor pariwisata, yang berada di bawah koordinasi Kementeriannya. Hal tersebut akan dilakukan lantaran sektor pariwisata dinilai paling mudah menciptakan lapangan kerja.

"Kita memilih satu sektor (pariwisata) yang paling mudah ciptakan lapangan kerja. Sebab, di sektor lain USD50 per kapita, automotif USD100 ribu per kapita," ungkap Rizal, saat melakukan rapat dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Ia memilih sektor pariwisata dikarenakan Indonesia mempunyai potensi besar di sektor tersebut. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja di sektor pariwisata. "Yang bekerja di sektor pariwisata sebanyak tiga juta orang. Itu secara langsung. Secara tidak langsung ada tujuh juta orang," ujar Rizal.

Oleh sebab itu, lanjut Rizal, bila sektor pariwisata terus digenjot dengan mendatangkan 20 juta turis selama jangka waktu lima tahun ke depan maka akan mampu menciptakan multiplier effect yang sangat besar. Hal ini diyakini karena faktor keindahan alam Indonesia yang dinilai mampu menarik minat wisatawan asing.

Namun, ia menilai, target mendatangkan 20 juta wisatawan dalam jangka lima tahun ke depan masih terbilang rendah bila dibandingkan Malaysia. "Padahal keindahan kita lebih luar biasa jauh dari Malaysia," pungkasnya.
(ABD)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA