Bienal Sastra Salihara Gelar Festival Sastra dan Rasa

Adi Waluyo    •    Rabu, 09 Sep 2015 19:12 WIB
kultur
Bienal Sastra Salihara Gelar Festival <i>Sastra dan Rasa</i>
Foto: Teater Salihara / Jl. Salihara No. 16 Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia menjadi tamu kehormatan dalam ajang Frankfurt Book Fair 2015.  Sebuah perhelatan akbar dunia dalam rangka mempromosikan penerbitan dan pemikiran sebuah bangsa.

Hal ini amat membanggakan sekaligus menantang, karena mata publik dunia akan tertuju pada Indonesia.

Mengutip pernyataan Claudia Kaiser (Wakil Presiden Frankfurt Book Fair) dalam sharing session FBF di Teater Kecil TIM pada Maret 2015 lalu, "Frankfurt Book Fair adalah kesempatan untuk menciptakan kesadaran tentang Indonesia dan membuat peta kepentingan strategis bagi kebudayaan Indonesia."

Di dalam negeri, pembaca Indonesia maupun warga asing juga perlu mendapatkan akses pada kesusastraan Indonesia yang telah diterjemahkan.

Bienal Sastra Salihara menyelenggarakan pameran karya sastra Indonesia terjemahan serta rangkaian pembacaan, diskusi, wisata dan program menarik lainnya, baik bersama penulis Indonesia maupun dunia.

Bienal Sastra Salihara merupakan festival sastra internasional dua tahunan, yang menghadirkan sastrawan dalam dan luar negeri, di antaranya Adriaan van Dijs, Adonis, dan Tariq Ali.

Menyambut Frankfurt Book Fair yang menyajikan artikulasi keragaman budaya nusantara, tema Bienal Sastra kali ini adalah Sastra dan Rasa (Text and Taste): Narasi dan pemikiran tidak terlepas dari pengalaman serta pengecapan. Kekayaan intelektual tak terpisah dari kekayaan kuliner dan aspek budaya lainnya.

Selain pembacaan dan diskusi, “Sastra dan Rasa” akan menghadirkan pesta kuliner, lokakarya kopi dan puisi -untuk memperlihatkan keterkaitan erat sastra dan budaya makan-minum; serta mengadakan wisata sastra ke Bogor, kota yang memiliki peran penting dalam sejarah sastra Indonesia.

Bienal Sastra Salihara “Sastra dan Rasa” akan diadakan dari tanggal 3 hingga 25 Oktober, untuk menyambut dan menyudahi ajang Frankfurt Book Fair 2015.


Foto: Komunitas Salihara


(AWP)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA