Jadi Tersangka, Siti Fadilah: KPK Menarget Saya

Renatha Swasty    •    Rabu, 09 Sep 2015 19:49 WIB
kasus korupsi
Jadi Tersangka, Siti Fadilah: KPK Menarget Saya
Mantan Menteri Kesehatan periode 2004-2009 Siti Fadilah Supari bersaksi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (9/9/2015). Foto: Rommy Pujianto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari membantah sudah merugikan negara. Meski sudah jadi tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) buffer stock untuk kejadian luar biasa pada 2005, Siti yakin KPK tak akan menemukan keterlibatannya. 

"Gini, saya ini orang yang harus salah oleh KPK. KPK melibatkan saya dari tahun 2009 sampai sekarang berapa puluh miliar untuk mencari kesalahan saya coba," kata Siti ditemui usai bersaksi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Siti juga disebut terlibat dalam kasus dugaan korupsi pengadaan peralatan medik dalam rangka penanganan wabah flu burung sisa dana pelayanan kesehatan bagi penduduk miskin tahun anggaran 2006 pada Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik Kemenkes. Dalam dakwaan anak buahnya, Mulya A Hasjmi, mantan Sekretaris Ditjen Bina Pelayanan Medik Depkes tahun 2006-2007 dan tahun 2009, Siti disebut terlibat. Tapi bekas anggota Dewan Pertimbangan Presiden di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini yakin tak terseret. 

Ia menyebut Jaksa Penuntut Umum asal-asalan dalam menyusun dakwaan. Siti juga mengatakan seharusnya ia tidak menjadi saksi dalam kasus itu, lantaran memang sudah tugas Menteri untuk mengarahkan. Tapi, kebijakan dan teknis dikerjakan Kuasa Pengguna Anggaran, bukan lagi tugas dia sebagai Menteri atau Pengguna Anggaran. 

"Karena tujuannya memang menarget saya, ternyata saya nggak ada kaitannya," kata dia.  

Siti sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada Jumat 4 April, terkait dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan buffer stock untuk kejadian luar biasa 2005.

Dalam dakwaan Mulya, Siti didakwa bersama-sama melakukan korupsi dalam pengadaan peralatan medik dalam rangka penanganan wabah flu burung sisa dana pelayanan kesehatan bagi penduduk miskin tahun anggaran 2006 pada Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik Depkes RI.


(KRI)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA