Ini Strategi Menko Maritim Tingkatkan Devisa Negara

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 09 Sep 2015 19:56 WIB
bebas visa kemenko maritim ads
Ini Strategi Menko Maritim Tingkatkan Devisa Negara
Menko Maritim Rizal Ramli. Foto: Panca Syurkani/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menjelaskan beberapa strategi agar kementerian dibawah organisasinya dapat memberikan penerimaan bagi negara dalam bentuk devisa.

"Pertama pemerintah harus membebaskan visa bagi negara-negara. Namun sebelum membebaskan visa, pihak Kepolisian, imigrasi, serta Kementerian Luar Negeri harus mencoret beberapa negara yang aktif dalam perdagangan narkoba serta mencoret eksportir dari ideologi radikal," ujar Rizal Ramli saat rapat badan anggaran di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Ia menambahkan setelah memberikan bebas visa kepada negara yang memenuhi syarat, Rizal meminta kepada Kementerian terkait untuk menyelesaikannya paling lambat Januari 2016.  "Kalau enggak dijalankan tak kepret nanti," ungkap Rizal Ramli.

Kemudian strategi kedua, masih minimnya booth imigrasi yang ada di beberapa bandara di Indonesia. Untuk itu Ia meminta untuk menambah booth imigrasi yang dinilai dapat menimbulkan antrian yang panjang." Ini supaya orang yang antri tidak terlalu banyak," kata  dia.

Rizal menambahkan bila kedua strategi tadi dijalankan, maka target dalam jangka lima tahun ke depan penerimaan negara dalam bentuk devisa akan dua kali lipatnya menjadi USD20 miliar. Saat ini penerimaan devisa negara baru mencapai USD10 miliar.

"Bila dengan kedua strategi ini dijalankan akan mampu menambah penerimaan devisa, tenaga kerja dan nilai tambah," tuturnya.


(SAW)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

11 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA