Fraksi PDIP Akui DPP Belum Ajukan Surat PAW

Surya Perkasa    •    Rabu, 09 Sep 2015 19:57 WIB
dpr
Fraksi PDIP Akui DPP Belum Ajukan Surat PAW
Ketua Komisi XI DPR Olly Dondokambey (kanan) memimpin rapat kerja bersama pemerintah terkait pengambilaihan PT Nippon Asahan Alumunium atau Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) di Komplek Parlemen senayan, Jakarta, Rabu (30/10/2013).--Foto: Antara/Puspape

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Fraksi PDIP DPR Olly Dondokambey mengakui hingga saat ini surat pergantian antarwaktu (PAW) tiga menteri belum diterima fraksi. Dia mengungkapkan, fraksi masih menunggu putusan DPP PDIP.

"Memang sampai hari ini di fraksi belum ada surat dari DPP PDIP untuk mengusulkan pergantian antarwaktu dari tiga menteri yang ada sekarang. Karena di DPP juga belum melakukan rapat PAW," kata Olly ketika dihubungi, Rabu (9/9/2015).

Dia mengakui PAW terlambat dilakukan karena harus melalui proses yang berbelit-belit. "Memang kita sedang ada proses dalam PAW. Karena prosesnya panjang. Tidak sesederhana itu," tambah dia.

Meski begitu Olly menegaskan, ketiga menteri sudah melayangkan pengunduran diri ke DPP karena mereka dilantik menjadi menteri. Saat ini, status ketiga menteri masih bergantung pada putusan DPP PDIP.

Dia juga menegaskan, tidak benar Pramono Anung, Tjahjo Kumolo, dan Puan Maharani rangkap jabatan. Karena secara administrasi mereka sudah tak aktif di DPR dan menjabat sebagai menteri.

Karena alasan itu pula, mereka tidak lagi menerima fasilitas anggota dewan. Baik tunjangan, gaji atau fasilitas lainnya.

"Enggak adalah mereka menerima fasilitas dari DPR. Mereka memahami hal-hal seperti itu akan berakibat pada terjadinya pelanggaran. Itu kan bisa kita lihat dari audit BPK," tegas dia.

Seperti diketahui, tiga kader PDIP masih belum lepas dari keanggotaan di DPR. Mereka adalah Puan Maharani menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Tjahjo Kumolo yang kini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri dan Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet.


(MBM)