Ide Buwas Bangun Pulau Penjara Khusus Pengguna Narkoba

Lukman Diah Sari    •    Rabu, 09 Sep 2015 22:07 WIB
budi waseso
Ide Buwas Bangun Pulau Penjara Khusus Pengguna Narkoba
Komjen Budi Waseso. MI/Atet Dwi Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Budi Waseso mewacanakan menghapus hukuman rehabilitasi bagi pengguna narkoba dan menggantinya dengan pidana penjara. Budi punya ide agar pemerintah menyediakan satu pulau khusus untuk mereka. 

"Rehabilitasi itu bisa sambil dijalankan, saat menjalankan proses hukuman di Lapas. Pengguna jangan dicampur," ujar Budi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2015). 

Jenderal bintang tiga itu mengatakan, satu pulau khusus bakal disediakan untuk para pengguna narkoba. Di sana, mereka menjalani hukuman sembari direhabilitasi. "Sediakan satu pulau itu, tapi jauh dari mana-mana," tegas dia. 

Buwas, sapaan akrabnya, menjelaskan permintaan satu pulau khusus pengguna narkoba itu masih dalam bentuk ide saja. "Ini kan pemikiran saja, nanti kita rapatkan. Belum tentu disetujui," tukas dia. 

Wacana Buwas menghapuskan hukuma rehabilitas bagi pengguna narkoba memang sedang menjadi buah bibir. Ide ini muncul lantaran dia menilai hukuman rehabilitas pengguna narkotika justru merugikan negara. 

Indonesia, kata dia, sudah menjadi pasar besar bandar narkoba. Namun, saat penegak hukum menjerat tersangka kasus narkoba dengan hukuman maksimal, vonis majelis hakim hanya rehabilitasi.

"Negara ini sudah menjadi pangsa pasar besar narkoba. Karena tumbuh berkembang dan berlindung pada pemakai. Pada akhirnya undang-undang itu hanya direhabilitasi. Rehabilitasi merugikan negara dua kali. Coba bayangkan itu direhab pakai duit siapa? Negara kan. Sudah duit negara keluar generasi muda rusak," kata Waseso di Mabes Polri, Jumat 4 September lalu.


(OGI)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

4 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA