Pemerintah Sleman Pastikan Sapi Kurban di Pasaran Sehat

Patricia Vicka    •    Rabu, 09 Sep 2015 22:20 WIB
idul adha
Pemerintah Sleman Pastikan Sapi Kurban di Pasaran Sehat
Penjualan Sapi di pasar ternak Prambanan Sleman. Foto: MTVN/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah Kabupaten Sleman memastikan sapi-sapi yang dijual para peternak sehat dan terbebas dari virus membahayakan. Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan (DPPK) Kabupaten Sleman, Widi Sutikno, mengaku rutin mengecek kesehatan sapi di peternak Sleman.

"Kami sudah memeriksa sapi-sapi di kandang secara berkelompok. Ada 14 posko hewan di Sleman yang bertugas mengecek dan mendampingi kesehatan sapi," ujarnya melalui sambungan telepon, di Yogyakarta, Rabu (9/9/2015).

Demi menghindari adanya cacing pita di dalam hati sapi, dinas rutin memberi obat cacing serta vitamin pada sapi. "Kami pastikan sapi dalam pendampingan kami sehat dan bebas dari cacing," kata Widi.

Dinas juga menyosialisasikan standardisasi pemotongan hewan kurban agar aman, sehat dan halal. "Kami panggil takmir-takmir masjid dan kami undang petugas keagamaan di semua kecamatan. Lalu kami jelaskan standardisasi pemotongan hewan kurban. Selain itu Ada 200 petugas yang membantu sosialisasi hewan kurban yang sehat kepada masyarakat. Supaya mereka tidak salah beli," ucapnya.

Kasiran, pedagang sapi di Yogyakarta, membenarkan adanya pemeriksaan rutin sapi-sapi di peternakan. Sapi-sapinya rutin diberi obat cacaing dan vitamin oleh petugas dari Dinas Peternakan.

Ia menjelaskan sapi-sapi yang sakit dan tidak sehat bisa dengan mudah diketahui dari wajahnya. "Sapi sakit itu tatapan matanya kosong, layu dan lemas. Berdirinya juga ga gagah. Kukunya ga putih bersih. Congor dan wajahnya ga fresh," jelas Kasiran.


(UWA)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

23 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA