Terkendala APBDes, Penyaluran Dana Desa di Cirebon Tak Seragam

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 09 Sep 2015 23:21 WIB
dana desa
Terkendala APBDes, Penyaluran Dana Desa di Cirebon Tak Seragam
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Cirebon: Pencairan Dana desa untuk sejumlah desa di Kabupaten Cirebon sudah dilakukan sejak Juni lalu. Pencairan dana desa yang diterima oleh desa di Cirebon bervariasi. Ada yang baru 40 persen, 80 persen, bahkan masih ada yang belum mencairkan sama sekali.

"Pencairannya dibagi tiga termin dengan jumlah antara lain 40 persen, 40 persen, dan 20 persen," ujar Kepala Desa Buntet Kecamatan Astanajapura Cirebon, Edi Suhaedi, Rabu (9/9/2015).

Menurut Edi, ada dua macam dana yang diterima desa, yaitu anggaran dana desa (ADD) yang berasal dari APBD, dan dana desa (DD) yang berasal dari APBN. Semua dana tersebut sudah dicairkan sebesar 40 persen.

"Untuk ADD, desa kami total akan menerima sekitar Rp300 juta dan dari Dana Desa sekitar Rp300 juta. Untuk saat ini, baru termin pertama sebesar 40 persen yang sudah turun," kata Edi.

Untuk bisa mencairkan dana tersebut, seluruh desa harus sudah membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang akan dijadikan acuan penggunaan dana. "Kalau belum membuat APBDes, Maka tidak dicairkan," jelas Edi.

Heriyanto, Kepala Desa Sumur Kondang Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon, mengaku sudah mencairkan dana desa sebesar 80 persen. Dana desa tersebut bisa dicairkan dengan menyerahkan APBDes dan laporan penggunaan dana pada termin pertama.

"Desa Sumur Kondang sudah pencairan termin kedua. Untuk termin pertama harus menyetorkan APBDes. Sedangkan syarat pencairan termin kedua harus menyetorkan laporan penggunaan dana termin pertama," kata Heriyanto.

Menurutnya, keterlambatan pencairan dana desa lebih banyak dikarenakan pembuatan APBDes Dan SPJ penggunaan dana yang belum dilaporkan. Sehingga pencairan dana ditangguhkan dan mengakibatkan banyak desa yang belum bisa mencairkan dana tersebut.


(UWA)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

11 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA