Kegiatan APM

Uji Iritnya New Suzuki Ertiga, Tembus 35,24 KM per Liter

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 10 Sep 2015 11:00 WIB
test drive
Uji Iritnya New Suzuki Ertiga, Tembus 35,24 KM per Liter
Suzuki New Ertiga bukan hanya berubah tampilan saja. MTVN/A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Cirebon: PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W mengadakan media test drive Suzuki New Ertiga menuju Cirebon, dengan start dari rest area KM 39 tol Cikampek, kemarin 9 September. Panitia pun menantang jurnalis untuk mengetes konsumsi bahan bakar.

Sebanyak 12 unit New Ertiga yang dipakai media, terdiri dari enam unit bertransmisi manual dan enam lagi bertransmisi otomatis. Jarak yang ditempuh kurang lebih 169 kilometer, dengan kondisi jalan tol Cikampek yang padat dan tol Cipali yang lengang namun berangin.

Metode yang dipakai full to full dengan menggunakan bahan bakar Pertamax Plus. Tutup tangki pun disegel untuk mencegah adanya kecurangan.

Yang namanya adu irit, tentu berbagai cara akan dilakukan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar mesin. Mulai dari mematikan AC, berjalan pelan hingga curi-curi angin di belakang truk pun dilakukan. 12 mobil media yang adu irit pun terpencar-pencar.

Hasilnya? Konsumsi bahan bakar terbaik mencapai 35,24 kilometer per liter. Sementara paling boros menyentuh angka 17,20 kilometer per liter. Kedua angka ini dicapai oleh New Ertiga dengan transmisi otomatis.

"Triknya jaga putaran mesin, kecepatan 60-80 kilometer per jam, dan tidak pakai AC sama sekali," beber Mufrod, salah satu peserta yang meraih konsumsi bahan bakar 35,42 kilometer per liter dengan New Ertiga otomatis.

"Sama sih triknya, jaga rpm dibawah 2.000, kecepatan 60-80 dan pakai AC jarang-jarang," sambung Aldiro, yang mendapat konsumsi terbaik untuk kategori New Ertiga manual dengan angka 29,82 kilometer per liter.

Mobil yang digunakan oleh Metrotvnews.com sendiri mendapatkan terbaik kedua untuk New Ertiga otomatis, dengan raihan angka 26,85 kilometer per liter.

Ternyata memang New Ertiga sendiri mendapatkan perubahan mesin, namun memang tidak telihat, karena kebanyakan orang melihat New Ertiga hanya mengalami perubahan penampilan saja.

Untuk mesin mulai dari rasio kompresi dinaikkan dari 10,1 menjadi 11,1, bentuk dome piston disesuaikan, desain squish ruang bakar berubah, durasi noken as pada bagian ex diubah untuk membuat klep ex membuka lebih lama, ukuran klep mengecil baik in dan ex.

"Ada lagi injector baru, water jacket pada sistem pendinginan diperbesar dan menyesuaikan setingan ECM," papar Riecky Patrayudha, Service Assistant to Department Head 4W SIS.

Dari penyesuaian mesin tadi, ada penurunan tenaga mesin dari 93,6 daya kuda menjadi 91,6 daya kuda. "Tapi torsi makmimal bergeser ke rpm yang lebih rendah dan konsumsi bahan bakar yang menjadi delapan persen lebih irit," sambung Riecky.

Jadi tidak heran jika Suzuki menampik New Ertiga hanya mengalami perubahan tampilan saja. Berikut hasil lengkap konsumsi bahan bakar dari media test drive Suzuki New Ertiga:

-New Ertiga A/T
1.35,24 km / liter
2. 26,85 km / liter
3. 23,73 km / liter
4. 22,5 km / liter
5. 19,8 km / liter
6. 17,2 km / liter

-New Ertiga M/T
1. 29,82 KM / liter
2. 29 km / liter
3. 25,56 km / liter
4. 25,49 km / liter
5. 20,42 km / liter
6. 19,12 km / liter


(UDA)