Indonesia jadi Tuan Rumah MotoGP 2017, Ini Kisaran Dananya

Kautsar Halim    •    Kamis, 10 Sep 2015 03:04 WIB
olahragamotogpkemenpora
Indonesia jadi Tuan Rumah MotoGP 2017, Ini Kisaran Dananya
Menpora Imam Nahrawi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia berencana menjadi salah satu tuan rumah untuk ajang MotoGP pada 2017 mendatang. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, sudah menyanggupi rencana itu dan pihaknya bakal bekerjasama dengan Dorna Sports untuk mewujudkannya.

Berbicara pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-32, Imam menjelaskan surat resmi terkait penyelenggaraan ajang MotoGP 2017 itu akan dikirimkan kepada pemerintah Indonesia dalam waktu dekat ini. Ia mengaku sudah membicarakan masalah penganggaran dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya dan menyebutkan dana yang diperlukan untuk kontrak kerja sama dengan Dorna Sport berkisar hingga 7 juta euro atau senilai Rp111,19 miliar.  

"Sekitar 7 juta euro itu permintaan mereka (Dorna Sports). Kami akan negosiasi lagi karena jumlah tersebut terlalu besar. Paling kami mampunya sekitar 2-3 juta euro," kata Menpora di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Tidak hanya itu, niat pemerintah untuk menjadi tuan rumah ajang balapan motor bergengsi itu juga terganjal masalah kelayakan sirkuit Sentul yang bakal digunakan sebagai lintasan balap. Pemugaran sirkuit terbaik di Tanah Air itu diperkirakan butuh waktu satu tahun agar berada pada grade 1 atau layak untuk ajang MotoGP.

"Kalau renovasi sirkuit, kami masih menunggu status tanah di Sentul. Nanti, akan kami dalami lagi saat pihak Dorna kembali ke Indonesia. Yang jelas segala sesuatu berkaitan dengan penyelenggaraan MotoGP 2017 harus masuk dalam perencanaan tahun 2016," tutup Imam. (ant) 



(KAU)

Eks Koruptor Wa Ode Nurhayati Ikut Pembahasan KTP-el

Eks Koruptor Wa Ode Nurhayati Ikut Pembahasan KTP-el

2 days Ago

Nurhayati yang saat itu masih duduk di Komisi II DPR bahkan mengetahui poin-poin pembahasan meg…

BERITA LAINNYA