Apple TV Baru Dirilis, Lebih Fokus dengan Aplikasi

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 10 Sep 2015 03:05 WIB
apple
Apple TV Baru Dirilis, Lebih Fokus dengan Aplikasi
Apple baru saja memperkenalkan Apple TV terbarunya

Metrotvnews.com: Apple baru saja mengumumkan beberapa produk terbarunya dalam acara Apple Event 2015. Salah satu produk tersebut adalah versi terbaru dari Apple TV yang hadir dengan sistem operasi serta remote baru. Secara fisik Apple TV terbaru kali in tidak mengalami perubahan sama sekali. Ia masih berupa set top box mungil yang dapat dihubungkan langsung dengan televisi Anda.

Dalam presentasinya, Apple mengatakan bahwa masa depan televisi ada pada aplikasi, dan menurut Apple tren tersebut telah dimulai. Saat ini banyak sekali orang yang lebih memilih menggunakan PC, tablet, atau ponselnya untuk menonton berbagai acara televisi kesayangan. Berbagai penyedia layanan siaran televisi pun mulai bermunculan dalam bentuk aplikasi. Netflix adalah salah satunya. Aplikasi penyedia layanan siaran televisi tersebut telah menuai sukses yang besar akhir-akhir ini. Kali ini Apple TV akan menghadirkan layanan dan aplikasi tersebut ke dalam televisi.



Apple TV terbaru juga hadir dengan remote baru. Remote tersebut hadir dengan kontrol sentuhan dan suara yang terintegrasi langsung dengan asisten digital Apple, Siri. Anda akan dapat memerintahkan Siri untuk mencari berbagai konten yang tersedia melalui Apple TV, dan selama demonstrasinya, Apple menunjukkan hasil pencarian yang sangat akurat.

Remote pada Apple TV juga dapat digunakan sebagai controller untuk bermain game seperti Nintendo Wii. Karena Apple TV berfokus pada aplikasi, game juga merupakan salah satu dari konten yang akan hadir di Apple TV. Apple nampaknya ingin membuat Apple TV layaknya sebuah konsol, tetapi dengan target pengguna yang lebih kasual dan bukan dari kalangan gamer. Semua aplikasinya nanti akan dijalankan oleh sistem operasi baru bernama tvOS, sistem operasi khusus untuk Apple TV.



Apple TV juga dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth, WiFi, Ethernet (LAN), dan HDMI. Untuk remote-nya, Apple TV menggunakan konektiitas Bluetooth 4.0 dan baterainya dapat bertahan hingga 3 bulan dalam sekali pengisian. Apple TV akan segera hadir di lebih dari 80 negara dengan banderol harga USD149 untuk varian kapasitas 32 GB dan USD199 untuk varian kapasitas 64 GB.


(ABE)