Apple Perkenalkan tVOS untuk Apple TV Baru

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 10 Sep 2015 03:08 WIB
apple
Apple Perkenalkan tVOS untuk Apple TV Baru
tvOS merupakan sistem operasi yang dibuat berdasarkan iOS 9

Metrotvnews.com: Apple baru saja memperkenalkan sebuah sistem operasi terbaru untuk Apple TV. Sistem operasi bernama tvOS dibuat berbasis iOS 9. Melalui sistem operasi tersebut, Apple TV mampu menjalankan berbagai aplikasi layaknya iPad atau iPhone.

Apple memang ingin membuat televisi menjadi layaknya perangkat mobile yang memiliki aplikasi. Menurut Apple, tren penggunaan aplikasi untuk keperluan menonton televisi sudah dimulai. Melalui tvOS, Apple menghadirkan berbagai fitur baru yang tidak ada di Apple TV versi sebelumnya. Fitur baru tersebut juga hadir berbarengan dengan sebuah sistem antarmuka baru yang lebih nyaman digunakan.

Fitur baru pada tvOS yang diperkenalkan oleh Apple kali ini adalah fitur pencarian melalui asisten pribadi besutan Apple, yaitu Siri. Melalui Siri, Anda dapat mencari berbagai konten yang ada di Apple TV, mulai dari film hingga lagu. Anda juga dapat memerintahkan pencarian yang sangat spesifik, seperti memerintahkan Siri untuk mencari film-film dengan aktor dan genre tertentu.



Selain tentunya hadir dengan berbagai aplikasi penyedia layanan siaran televisi seperti Netflix dan HBO, tvOS juga hadir dengan aplikasi pemutar musik, radio, dan aplikasi penampil gambar. tvOS juga memiliki konten multimedia lain berupa game. Bahkan dalam demo, Apple memperlihatkan bagaimana Apple TV dapat menghadirkan pengalaman bermain game secara multiplayer. Meskipun demikian konten game sepertinya akan terbatas pada game-game kasual.

Terakhir, tvOS juga dapat digunakan untuk belanja. Berbagai aplikasi e-commerce akan hadir di Apple TV yang akan memudahkan penggunanya untuk berbelanja secara langsung. Sistemnya memang mirip dengan aplikasi e-commerce yang ada di perangkat mobile dan PC, tetapi antarmukanya lebih sederhana dan telah disesuaikan dengan layar televisi dan remote baru Apple TV.

Apple TV dan tvOS akan hadir pada akhir Oktober mendatang di lebih dari 80 negara dengan banderol harga USD149 untuk varian kapasitas 32GB dan USD199 untuk varian kapasitas 64GB.


(ABE)