Glenn Fredly Sesalkan Wacana Penghapusan Rehabilitasi Pengguna Narkoba

Nia Deviyana    •    Kamis, 10 Sep 2015 09:07 WIB
glenn fredly
Glenn Fredly Sesalkan Wacana Penghapusan Rehabilitasi Pengguna Narkoba
Glenn Fredly (Foto:Antara/Muhammad Adimaja)

Metrotvnews.com, Jakarta: Glenn Fredly menyayangkan wacana merevisi Undang-Undang Narkotika terkait rehabilitasi pengguna penyalahgunaan narkoba.

Menurut dia, rehabilitasi lebih bermanfaat bagi pengguna narkoba ketimbang hukuman penjara.

"Sangat menyayangkan jika itu terjad. Saya sendiri melihat manfaat rehabilitasi dari teman-teman yang pemakai. Keinginan mereka untuk sembuh lebih besar, dan kualitas hidup mereka lebih baik ketimbang harus menjadi pesakitan di lembaga pemasyarakatan," ujar Glenn saat ditemui di Torino Restaurant, Jalan Gunawarman, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2015).

Penyanyi asal Ambon itu berharap, Komisaris Jenderal Budi Waseso selaku Kepala BNN (Badan Narkotika Nasional) yang baru, mengkaji ulang wacana tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Komjen Budi Waseso (Buwas) berencana mengevaluasi kinerja BNN, terkait cara pemberantasan narkoba selama ini.

Menurut mantan Kepala Bareskrim Polri ini, sebagian undang-undang akan dilanjutkan, sementara yang lain direvisi. Dia membuka kemungkinan untuk mengusulkan revisi Undang-Undang Narkotika terkait rehabilitasi penyalahgunaan narkoba.

Alasannya, Buwas khawatir ada bandar narkoba yang bisa mengelabui petugas ketika ditangkap dengan mengatakan dirinya hanya pengguna.

Adapun semasa kepemimpinan Anang Iskandar, BNN menerapkan konsep rehabilitasi pengguna narkoba yang tertulis dalam Pasal 54 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dalam pasal disebutkan, pecandu narkoba dan korban penyalahgunaan wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.


(ROS)