Tips Sehat untuk Wanita Menopause

   •    Kamis, 10 Sep 2015 09:26 WIB
kesehatan
Tips Sehat untuk Wanita Menopause
Wanita yang menopause sering lelah. (foto:suggestkeyword.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat berada pada fase menopause, wanita pasti akan mengalami gejala-gejala kesehatan yang tidak diinginkan. Misalnya seperti gampang lelah, berat badan naik, vagina kering, berkeringat banyak dan sebagainya yang bisa merubah hidup Anda. 

Itulah mengapa sangat perlu berhati-hati sehingga Anda dapat mengatasi menopause dengan lebih baik lagi. Dan berikut beberapa tips sehat yang harus wanita menopause lakukan.

1. Olahraga setiap hari
Studi menunjukkan bahwa wanita yang lebih aktif akan mengalami sedikit gejala menopause. Jadi, pastikan saat memasuki usia 40 tahun, Anda menambah jadwal olahraga untuk setiap hari. Tidak perlu olahraga berat, hanya melakukan latihan-latihan ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit. Lagipula, olahraga bisa meningkatkan metabolisme, memerangi obesitas dan membuat mood Anda naik.

2. Tidur yang cukup
Beradaptasi dengan rutinitas tidur di mana tubuh Anda mendapatkan sedikitnya delapan jam tidur setiap hari. Tidur dengan baik akan membantu mengalahkan kelelahan dan berkeringat di malam hari.
 
3. Jangan lupa asupan nutrisi
Tubuh Anda akan membutuhkan sejumlah nutrisi penting untuk tetap sehat saat menghadapi gejala menopause. Pastikan Anda menyertakan vitamin dan makanan yang kaya antioksidan. Tapi jangan lupa untuk mengonsumsi protein, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran agar porsi makan Anda seimbang.

4. Berlatih teknik relaksasi
Perubahan hormon bertanggung jawab selama menopause yang menyebabkan sejumlah gejala psikologis seperti kecemasan, stres, dan perubahan suasana hati muncul. Cara terbaik untuk menangani masalah suasana hati ini adalah mencoba beberapa teknik relaksasi. Meditasi dan yoga telah terbukti sangat berguna untuk membuat Anda lebih rileks saat menghadapi masa menopause.

5. Melakukan penelitian pada kondisi Anda
Ini benar-benar penting untuk mendidik diri sendiri tentang menopause, gejala dan semua perubahan yang terjadi pada tubuh Anda yang diakibatkan menopause. Pemahaman yang lebih baik akan membantu Anda bersantai dan dapat menerima perubahan pada tubuh Anda. (Sumarni/ Idiva)


(LOV)